Jurnal Pendidikan Olah Raga
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga

PENGARUH STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA

Eva Sri Gumilang (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Dian Budiana (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Oom Rohmah (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam mengembangkan keterampilan dan kualitas manusia. Mahasiswa dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam pembelajaran dan sudah seharusnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk mencapai pembelajaran yang optimal sesuai dengan tujuan. Maka perlunya kajian strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi self regulated learning berbasis blended learning terhadap kepercayaan diri dalam pembelajaran permainan tenis meja. Metode yang digunakan quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2017. Sampel yang digunakan adalah 26 mahasiswa yang mengontrak perkuliahan pembelajaran permainan tenis meja. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,021 kurang dari taraf signifikansi α sebesar 0,05. Disimpulkan bahwa strategi self-regulated learning berbasis blended learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam pembelajaran permainan tenis meja 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

olahraga

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published ...