Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol 5 No 02 (2022): GRAVITASI : Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains

Studi Literatur : Penerapan E-Book Dalam Pembelajaran Fisika

Sri Wulandari (Unknown)
Puji Purdiyah (Unknown)
Mardaya (Unknown)
Jhelang Annovasho (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

E-book adalah buku dalam bentuk elektronik yang berisi materi pembelajaran bisa berupa teks atau gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelebihan e-book dan kendala dalam pembelajaran fisika. Metode penulisan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi literatur jurnal nasional tentang penerapan e-book dalam pembelajaran fisika yang diterbitkan dalam waktu 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-book dapat meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan pemahaman konsep, meningkatkan hasil belajar, melatihkan keterampilan proses sains, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatan kemandirian belajar, meningkatkan literasi informasi, meningkatkan kompetensi literasi sains, meningkatkan minat belajar, meningkatkan antusiasme belajar, meningkatkan sikap tanggap, meningkatkan aktivitas, menumbuhkan pengalaman belajar, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, meningkatkan kompetensi sikap tangguh, dan meningkatkan sikap siaga. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan e-book dalam pembelajaran fisika sebagai sarana alternatif media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFS

Publisher

Subject

Education Physics

Description

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan ...