Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Limit Fungsi Aljabar

Nurbani Nurbani (IKIP PGRI Pontianak)
Henny Puspitasari (IKIP PGRI Pontianak, Pontianak)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak agar siswa dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak; 2) Kelayakan ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS  Muhammadiyah 2 Pontianak; 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS  Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan yaitu Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Subjek penelitian dilakukan di kelas XI yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Kelayakan ahli media yaituf 97 termasuk dalam kategori Sangat Layak, sedangkan untuk ahli materi diperoleh skor 110 kategori layak. Respon siswa diperoleh 4  jadi, hasil penilaian media pembelajaran berbasis android termasuk dalam kategori baik.Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android layak digunakan oleh siswa dalam prose pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...