JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi

Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Berbasis Adobe Flash

Widada Widada (STMIK AMIKOM Surakarta)
Afnan Rosyidi (STMIK AMIKOM Surakarta)
Handoko Handoko (STMIK AMIKOM Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk media pembelajaran di sekolah yang melibatkan guru dan siswa. Media pembelajaran menggunakan komputer lebih handal dibanding media lain. Komputer mampu menyalurkan, menyimpan dan memproses informasi, sehingga apabila digunakan dalam proses pembelajaran menjadi efektif, komunikatif dan efisien. Selain memiliki kemampuan pengelolaan informasi yang canggih, komputer juga memiliki unsur multimedia seperti: animasi, audio, video, gambar. Penggunaan komputer multimedia dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta mengurangi kejenuhan, khususnya pada pelajaran yang di anggap sulit seperti matematika. Namun demikian, beberapa sekolah masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perancangan multimedia interaktif pembelajaran matematika bangun ruang berbasis adobe flash. Metode yang digunakan Model Multimedia Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly dan distribution. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi multimedia interaktif pembelajaran matematika bangun ruang berbasis adobe flash. Metode black box testing yang digunakan untuk pengujian aplikasi.Kata kunci : multimedia, interaktif, pembelajaran, matematika, bangun ruang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The Information Technology Journal (JTI) is intended as a media for scientific studies on the results of research, thinking and analytical-critical studies regarding research in Systems Engineering, Informatics / Information Technology, Information Management and Information Systems. As part of the ...