cover
Contact Name
Franciscus Asisi Ricky Bayu Styanto
Contact Email
ricky@urindo.ac.id
Phone
+6285921689699
Journal Mail Official
erik@urindo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informatika, Universitas Respati Indonesia (URINDO) Kampus A Lt. 3 Fakultas Teknologi Informatika Jl. Bambu Apus 1 No.3 Cipayung Jakarta Timur 13890
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI
ISSN : 16933672     EISSN : 26231700     DOI : https://doi.org/10.52643/jti.v6i2
Core Subject : Science,
The Information Technology Journal (JTI) is intended as a media for scientific studies on the results of research, thinking and analytical-critical studies regarding research in Systems Engineering, Informatics / Information Technology, Information Management and Information Systems. As part of the spirit of disseminating knowledge from the results of research and thought for service to the wider community and as a reference source for academics in the field of Technology and Information. The Information Technology Journal (JTI) accepts scientific articles with the scope of research at: System Engineering Expert system Decision Support System Data Mining Artificial Intelligence System Computer network Computer Engineering Image processing Genetic Algorithms Designing Information Systems Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data Energy Management Enterprise Computing Technology Management
Articles 133 Documents
Sistem Informasi Pemetaan Wilayah Lahan Produktif Berbasis Web untuk Upaya Pencegahan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) (SIPETA HANDAL) Sri Hasta Mulyani; Jerry Hardianto; Catur Paryadi
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v5i1.369

Abstract

Pengalih fungsian lahan produktif menjadi areal industri, perhotelan, bandara dan bangunan lainnya sudah sepatutnya memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) pada masyarakat yang terdampak terhadap pembangunan tersebut. Proses perijinan mendirikan bangunan (IMB) dapat diterbitkan berdasarkan hasil AMDAL. Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo  merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport dengan luas wilayah untuk pembangunanbandara 637 hektare. Lebih dari 300 hektare lahan produktif ikut terdampak yang mengakibatkan  hilangnya produktivitas komoditas pertanian  berupa cabai, semangka, melon dan lainnya.Tujuan  penelitian adalah merancang bangun sistem informai pemetaan wilayah lahan produktif untuk pencegahan dampak AMDAL berbasis web dengan menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, dimulai dari tahap analisa sistem, dan perancangan sistem. Alat bantu yang digunakan Data Flow Diagram, GoogleMap API.Hasil penelitian adalah  sistem informasi pemetaan wilayah  lahan produktif berbasis web untuk upaya pencegahan dampak AMDAL di Kecamatan Temon, yang diharapkan dapat  memberikan informasi kepada  masyarakat, pengembang, pemerintah daerah dam Dinas Lingkungan Hidup tentang letak lahan-lahan produktif yang tidak diperbolehkan didirikan bangunan. Kata Kunci : sistem informasi, pemetaan, pencegahan, AMDAL, web
ANALISIS DATA WAREHOUSE DI PT. JASAMARGA PERSERO TBK CABANG JAGORAWI UNTUK MENDUKUNG STRATEGI BISNIS Yasmiati Yasmiati; Sukma Arief Rachmadani
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v2i2.150

Abstract

PT. Jasamarga Persero Tbk merupakan instansi pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yamg mempunyai fungsi sebagai merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan lebih tinggi daripada jalan umum. Seiring dengan berkembangnya, semakin banyak dan teratur mengenai pendapatan yang dimiliki dan harus diolah. Data pendapatan yang besar dapat menyulitkan pihak keuangan dalam melakukan analisis terhadap data tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut yaitu Data Warehouse.  Tujuan penelitian untuk menganalisis Data Warehouse di PT. Jasamarga Persero Tbk Cabang Jagorawi untuk Mendukung Strategi Bisnis. Metode penelitian  ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) yaitu salah satu fase  perancangan yang dilakukan pada proses pendapatan  PT. Jasamarga Persero Tbk cabang Jagorawi Tahun 2016. Hasil penelitian perancangan data warehouse pada PT Jasamarga cabang Jagorawi telah berhasil dibuat, menggunakan pemograman Microsoft Access dan Microsoft Power BI;  Kesimpulan : Perancangan  data warehouse pada PT Jasamarga Persero Tbk cabang Jagorawi berguna dalam pengolahan hasil pendapatan tol, sehingga diharapkan dapat membantu merealisasikan laporan pendapatan tol Jasamarga untuk disampaikan ke direksi dan  bermanfaat untuk mengambil keputusan. Saran laporan perlu lebih efisien agar bermanfaat bagi PT Jasamarga Persero Tbk cabang Jagorawi. Saran dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut  di dalam penggunaan aplikasi Microsoft Power BI memerlukan sumber referensi yang luas, agar mendapatkan hasil yang maksimal didalam proses pembuatan hasil pendapatan tol. Perancangan data warehouse yang ada diharapkan dapat diimplementasikan dan diperluas cakupannya, sehingga semua bagian dapat tercangkup dan terkelompok. Kata kunci             : Laporan, Tol, Data Warehouse. 
Kebiasaan Berjalan Kaki Lanjut Usia Berdasarkan Penilaian Menggunakan mAgeing Suatu Upaya Mencegah Terjadinya Disabilitas Sri Rawati; Fransiskus Asisi Ricky Bayu Setyanto; Desmiwati Desmiwati
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v5i2.670

Abstract

Jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia diperkirakan akan meningkat menjadi 28,8 juta (11% dari total populasi) pada tahun 2020, dan pada tahun 2050 akan berjumlah 80 juta.Hal ini berarti Indonesia sudah mengalami penuaan penduduk. Salah satu dampaknya adalah munculnya masalah kesehatan yang antara lain ditunujukkan terjadinya disabilitas.Namun disabilitas dapat dicegah dengan berbagai kegiatan olah raga antar lain berjalan kaki.Untuk menilai kebiasaan berjalan kaki mAgeing telah menyediakan instrumen yang dapat digunakan dengan mobile phone.Atas dasar itu telah dilakukan penelitian awal untuk menilai kebiasaan berjalan kaki lanjut usia dengan mobile phone. Hasilnya menunjukkan bahwa 91@ lanjut usia melakukan kegiatan berjalan kaki, namun hanya 60, 9 % yang melakukannya setiap hari.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan berjalan kaki sudah disadari oleh lanjut usia. Agar kegiatan tersebut dilakukan secara rutin masih memerlukan sosialsasi dan edukasi.              Kata kunci : Lanjut usia, mAgeing, berjalan kaki
SISTEM PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI INFORMASI PENGARSIPAN PADA KEMENTRIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA Rizki Ridwan
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v3i1.259

Abstract

AbstrakSistem perancangan informasi yang akurat baik dalam  instansi pemerintah maupun biro swasta lainnya begitu pula halnya pada Kementrian Perdagangan Republik Indonesia yang merupakan salah  satu instansi pemerintah yang tidak  lepas dari sistem pengarsipan yang baik dalam suatu instalasi atau organisasi merupakan bukti dan segala kegiatan dalam transaksi yang terjadi di setiap perusahaan harus teliti dan serius dalam melaksanakan penyimpanan arsip, hal ini dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan perusahaan tersebut. Tujuan penelitian merancang sistem pengolahan data-data yang ada di lingkungan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia dan untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi dalam penerapan sistem tersebut.Metode yang dilakukan adalah metode grounded (grounded research) melihat langsung terhadap penerapan sistem kearsipan di Kementrian Perdagangan Republik Indonesia dengan membuat suatu aplikasi desktop menggunakan pemrograman Delphi dan MySQL sebagai interface yang mudah dipahami dan mudah digunakan oleh para pelaksana adminsistrasi pengarsipan pada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan hasil bahwa penerapan sistem pengarsipan aplikasi desktop dengan fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam sistem tersebut dapat memudahkan user atau pengguna dapat dipakai dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kata Kunci: Sistem, Perancangan, Implementasi, Arsip, Delphi, MySQL  AbstractSystem design of accurate information in either government agencies or other private operators as well as it does on the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia which was one of the Government agencies of a good filing system in an installation or organization is the proof and all activities within a transaction that occurs at every company should be thorough and serious in carrying out the archival storage, it is used to facilitate the work of the company. The aim of research to designing data processing system within the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia and to find out what constraints faced in the implementation of the system.The method does is grounded methods (grounded research) look directly towards the application of the system of archives at the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia by making a desktop application used Delphi and MySQL as a programming interface that was  easy to understand and easy To use by implementing the adminsistrasi archiving on Kementrerian Trade of The Republic of Indonesia with the result that the application of a retention system desktop application with facilities that were in the system can allow a user or users can be used easily in accordance with user needs. Keywords: Design, Implementation, System, Archive, Delphi, MySQL
PERMAINAN EDUKASI ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) KELAS TK SEKOLAH ALAM BEKASI Suzuki Syofian
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v3i2.94

Abstract

Masih banyak lembaga pendidikan dalam penyampaian materi pelajaran umumnya masih mengikuti arahan-arahan dari guru, misalnya guru memperkenalkan bentuk angka dan kemudian siswa diminta mencari angka yang diminta guru dengan menggunakan puzzle. Media pembelajaran tersebut masih mengikuti metode konvensional, untuk itu diperlukan media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam mengikuti arahan dari guru. Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mendalam. Penggunaan media pembelajaran ditujukan untuk penyampaian materi lebih mudah dan dimengerti oleh siswa. Media pembelajaran juga merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Beberapa jenis anak kebutuhan khusus, diantaranya autis, hiperaktif, tunagrahita, tunarungu, tunanetra, tunawicara, down syndrom, memerlukan perhatian khusus agar anak-anak tersebut dapat mengikuti dengan baik materi pelajaran yang diberikan. Untuk itu mereka harus diberikan pemahaman melalui contoh-contoh konkrit dan peragaan langsung.  Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan metode yang digunakan adalah kuantitatif karena data yang diperoleh lebih lengkap, rinci dan bermakna.  Penelitian ini diharapkan menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat membantu meningkatkan pemahaman, minat belajar dan daya ingat para siswa tentang huruf dan angka pada sekolah alam Bekasi.Kata Kunci : ADHD, Game, Edukasi
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN KENDARAAN MILITER DENGAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING Wahyu Satria Aji
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v6i1.690

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini kian bervariasi dan memunculkan berbagai inovasi, salah satunya adalah penggunaan media auugmented reality. Teknologi augmented reality memadukan antara seni 2 dimensi dan 3 dimensi, dimana objek 2 dimensi menjadi sebuah marker  yang  nantinya akan menampilkan objek dalam bentuk 3 dimensi. Dalam penelitian ini membahas mengenai aplikasi augmented reality menggunakan prinsip marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada, mengingatnya minimnya pengetahuan  wawasan mengenai kendaraan-kendaraan menjadi salah satu alasan untuk melakukan penelitian ini. Aplikasi ini diimplementasikan sebagai media untuk membantu dalam melihat sekaligus mengenalkan berbagai macam objek kendaraan militer melalui sebuah media augmented reality. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity Engine versi 2019.2.16f1 yang dilengkapi dengan Vuforia SDK. Aplikasi ini dibuat melalui beberapa tahapan, diantaranya dimulai dengan perancangan UI aplikasi, lalu memasukkan objek 3 dimensi kedalam Unity Engine, pembuatan marker dengan Vuforia, dan tahapan yang terakhir adalah pengujian aplikasi menggunakan smartphone. Hasil aplikasi ini nantinya akan diimplementasikan dalam ekstensi (.apk) yang dapat digunakan di perangkat berbasis android. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menciptakan media yang  menarik dengan augmented  reality menggunakan marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada. Kata kunci: Kendaraan Militer, Augmented Reality, Marker Based Ttracking, Android
Analisis Perancangan Sistem keamanan Mobil Jarak Jauh Menggunakan Telepon dan SMS (Short Message Service) Ita Rusmala Dewi; Ramadhani Ulansari
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v4i2.300

Abstract

ABSTRAK Keamanan Mobil Jarak Jauh Menggunakan Telepon Dan SMS (Short Message Service)  merupakan sebuah alat pengaman mobil menggunakan alarm yang memiliki jarak jangkauan yang jauh, serta menggunakan sistem keamanan bertingkat yang dapat melakukan fungsi-fungsi pengamanan pada mobil yang ditinggal pemiliknya di tempat parkir. Pada perancangan sistem ini menggunakan mikroswitch, mikrokontroler Arduino Uno R3, GSM / GPRS Shield, Telepon genggam, Relay, LED, dan Buzzer. Dimana pada saat pemilik mobil mengaktifkan sistem dengan mengirim kode melalui SMS (Short Message Service), maka sistem pengamanan akan aktif. Apabila terjadi tindakan pencurian dengan cara membuka pintu mobil, maka sistem akan mengaktifkan alarm yang dapat terdengar jarak dekat yaitu Buzzer, dan alarm jarak jauh melalui Telepon dan SMS (Short Message Service)  yang berisi pemberitahuan bahwa ada tindakan pencurian ke pemilik kendaraan, me-nonaktifkan starter dan pengapian secara bersamaan, serta pemilik mobil juga dapat me-nonaktifkan dan mengaktifkan kembali sistem tersebut melalui SMS (Short Message Service). Berdasarkan hasil pengujian dari 5 provider yang telah dilakukan, sistem ini dapat merespon upaya tindakan pencurian terhadap mobil dengan baik, serta waktu respon terhadap bunyi buzzer memiliki waktu respon tercepat 01.97 detik dan waktu respon terlama 05.03 detik, sedangkan waktu respon tercepat terhadap Telepon 04.67 detik dan SMS (Short Message Service) 07.66 detik dan waktu respon terlama terhadap Telepon 07.20 detik dan SMS 16.18 detik. Dengan demikian, maka pemilik mobil dapat mengetahui secepatnya apabila ada upaya tindakan pencurian terhadap mobil, meskipun berada jauh dari mobilnya. Kata Kunci : SMS (Short Message Service), Telepon, Arduino, GSM/GPRS Shield, Microswitch  ABSTRACT Remote Car Security Using Telephone and SMS (Short Message Service), is a car safety device using an alarm that has a long range, and uses a multilevel security system that can perform security functions on the car that the owner leaves in the parking lot. In designing this system uses microswitch, Arduino Uno R3 microcontroller, GSM / GPRS Shield, Mobile Phone, Relay, LED, and Buzzer. Where when the car owner activates the system by sending code via SMS (Short Message Service), the security system will be active. If there is an act of theft with someone opening the car door, then the system will activate an alarm that can be heard at close range (Buzzer), a remote alarm via Phone and SMS (Short Message Service) which contains a notification that there is theft to the owner, deactivate starter and ignition simultaneously, and car owners can also deactivate and reactivate the system via SMS (Short Message Service). Based on the results of the testing of the 5 providers that have been carried out, this system can respond to attempts to steal the car properly, and the response time to the buzzer sound has the fastest response time of 01.97 seconds and the longest response time of 05.03 seconds, while the fastest response time to Phone is 04.67 seconds and SMS (Short Message Service) 07.66 seconds and the longest response time to Phone 07.20 seconds and SMS (Short Message Service) 16.18 seconds. Thus, the car owner can find out as soon as possible if there is an attempt to steal the car, even if it is far from the car. Keywords: SMS (Short Message Service), Telephone, Arduino, GSM / GPRS Shield, Microswitch
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA Ria Angraini; Slamet Abadi2
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v1i1.135

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan bangun ruang yang berguna untuk mempermudah dalam memahami materi pengenalan bangun ruang dan pembelajaran bangun ruang dalam pelajaran matermatika. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur dan mengamati langsung pembelajaran anak sampai sejauh mana pemahaman tentang pembelajaran bangun ruang, sedangkan analisis dan perancangan aplikasi dilakukan dengan menguraikan sistem kemudian mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan untuk menghasilkan rancangan aplikasi bangun ruang yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil yang dicapai dari perancangan aplikasi bangun ruang ini yang pengoperasiannya mudah adalah dapat membantu dalam pembelajaran bangun ruang pada anak sehingga anak bisa memahami materi bangun ruang, disamping itu dengan aplikasi bangun ruang ini anak juga bisa memahami soal beserta pembahasan yang ada dalam aplikasi yang berguna untuk mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh pengajar ataupun yang terdapat didalam aplikasi ini. Suasana pembelajaan yang nyaman dan santai pemahaman anak tentang pembelajaran bangun ruang dalam kelas dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan matematika untuk indeks pembangunan pendidikan atau Education Development Index (EDI). Dalam aplikasi bangun ruang ini selain dapat membantu dalam pemahaman pembelajaran matematika khususnya bangun ruang tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan pada apliksi bangun ruang ini. Kata kunci: Bangun ruang,pengenalan, pembelajaran, aplikasi bangun ruang
Perancangan Sistem Informasi Monitoring Sales Karyawan Pada PT. Panen Lestari Indonesia (SOGO PVJ) Syarif Hidayatulloh
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v6i2.1094

Abstract

Monitoring or supervision can be interpreted as an attempt to determine what is being done by assessing the results / accomplishments achieved and if there are deviations from the standards set, then immediately held repair business, so all results / accomplishments achieved in accordance with the plan In general monitoring is carried by leaders or superiors to subordinates. At PT. Panen Lestari Indonesia (SOGO PVJ) the supervision carried out by the leader or in this case the supervisor has not run optimally because there is no device used to help supervise the sales of each sales assistant and the sales assistant need to double check the sales that have occurred in the cashier to synchronize with the sales clerk have. This study aims to help supervisors to be able to supervise the sales of each salesperson on duty and to help the sales assistant to be able to check / synchronize sales that have occurred at the cashier more quickly and accurately. In developing this information system using the method prototype, the results of this research is the design of information system sales monitoring a-based employee web.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL MENGGUNAKAN APLIKASI GEOSERVER Dery Satya Pramdhana
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jti.v5i1.326

Abstract

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL MENGGUNAKAN APLIKASI GEOSERVER. Informasi Geografis mempunyai peran yang vital bagi para pengambil keputusan baik di tingkat lokal, regional, maupun global. Pemanfaatan informasi geografis haruslah di dukung oleh ketersediaan informasi data spasial yang dapat di akses dengan mudah dan cepat oleh para penggunanya. Penggunaan data geospasial dirasakan semakin diperlukan untuk berbagi keperluan seperti penelitian, pengembangan dan perencanaan wilayah, serta manajeman sumber daya alam. Salah satu cara untuk memberikan informasi secara efektif dan efisien, maka diperlukan sebuah apilkasi yang dapat mengulas mengulas mengenai sistem informasi geografi dan penginderaan jauh agar memudahkan dalam proses pencarian data geospasial yang terpadu. Sebuah aplikasi open source (AOS) yang dapat mengulas di bidang sistem informasi geografi (SIG) dan penginderaan jauh (remote sensing) serta mengulas cukup dalam aplikasi pemetaan online adalah aplikasi  Geoserver/Mapserver, sebuah aplikasi yang dapat di gunakan dalam sistem informasi geospasial dan dapat memudahkan dalam prosess pencarian data geospasial. Melalui sistem informasi geospasial berbasis opensource diharapkan dapat memudahkan pencarian data geospasial secara cepat dan mudah.Kata kunci: geospasial, geografis, geoserver, pemetaan, opensource  

Page 1 of 14 | Total Record : 133