Jurnal Abdimas Akademika
Vol 3 No 02 (2022): Edisi Desember 2022

OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGUATAN KELOMPOK UMKM DESA KARANGTALUN KABUPATEN KEDIRI

restin meilina (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Ema Nurzainul Hakimah (Unknown)
Gesty Ernestivita (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Itot Bian Raharjo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Alif Okky Fadilah (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk dapat mencapai keberhasilan suatu usaha baik usaha besar maupun usaha kecil. Sebaik apapun produk yang dihasilkan jika tidak disertai strategi pemasaran yang baik, maka tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu penyebab lambatnya perkembangan UMKM di Indonesia adalah kurangnya kemampuan atas pemasaran dan promosi. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada kelompok UMKM desa Karangtalun tentang manajemen pemasaran dan strategi pemasaran agar usaha yang dimiliki semakin kuat dan berkembang sehingga mampu memajukan perekonomian di Indonesia. Pelatihan disertai dengan praktik dan penugasan untuk perumusan strategi pemasaran usaha tiap peserta. Hasil pelatihan dan penugasan menunjukkan peserta mampu memahami materi yang diberikan sehingga memiliki kompetensi meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam perumusan strategi pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Abdimas Akademika Journal is a journal that contains writings that come from research on community organizations, industry, and related agencies in order to increase community participation in development, community empowerment, and / or implementation of community service, especially in the fields ...