JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 3 (2023): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 3 JANUARI 2023

Pengaruh Kepemilikan Pemerintah Terhadap Likuiditas Harga Saham Dengan Ukuran Perusahaan Dan Book To Market Sebagai Variabel Kontrol Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020

Fakira Fakira (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Hais Dama (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Yayu Isyana D. Pongoliu (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan pemerintah terhadap likuiditas harga saham dengan variabel kontrol ukuran perusahaan dan book to market di bursa efek indonesia periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan periode 2016-2020 dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. populasi penelitian adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel sebanyak 20 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda data panel dengan uji hipotesis uji t dan uji F. Penelitian ini menemukan bahwa kepemilikan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas harga saham. Sedangkan variabel kontrol ukuran perusahaan dan book to market tidak berpengaruh signifikan. Semakin tinggi kepemilikan pemerintah semakin mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan modal, dan semakin tinggi deviden dibayarkan maka investor akan mendapatkan dividen yang tinggi juga serta laba yang besar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...