KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN BENDO

Alif Maulana (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Mohammad Zaini Afandi (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhammad Firdaus Berlianto (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhammad Habib Arrosyid (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Ranu Widi Asmoro (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Razif Abdillah (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Masuknya pandemi virus corona atau covid-19 di Indonesia, mengakibatkan penurunan perekonomian nasional. Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di Kota Blitar terdapat Program RT Keren. media sosial menjadi solusi pengembangan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media sosial terhadap pengembangan UMKM baik dari segi peningkatan pemasaran maupun produktivitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional pada UMKM di Kelurahan Bendo. Obyek dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengelola UMKM yang dipilih secara purpose sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara terstruktur dan wawancara mendalam kepada pemilik dan pengelola UMKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis kualitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik/pengelola UMKM. Seluruh UMKM telah mengimplementasikan media sosial sebagai media informasi dan komunikasi usaha. Dari hasil penelitian menunjukkan media sosial Whatsapp menjadi favorit bagi pelaku UMKM karena hampir semua orang memiliki Whatsapp dan mudah dalam membagikan informasi maupun pemasaran usaha. manfaat yang diperoleh dalam menggunakan media sosial yaitu meningkatkan penjualan, melakukan komunikasi dengan konsumen, dan mengembangkan pangsa pasar yang lebih luas. Kesimpulannya bahwa UMKM yang di observasi telah menggunakan media sosial dalam pengembangan usahanya. Media sosial yang paling banyak digunakan yaitu Whatsapp.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...