Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 4, No 1 (2022): Februari

KESENJANGAN SOSIAL DALAM MENGAKSES PENDIDIKAN DI INDONESIA

Tiara Della Sinta (UIN FAS Bengkulu)
Betti Dian Wahyuni (UIN FAS Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

AbstrakMelalui pendidikan bangsa dapat menciptakan generasi yang berkualitas untuk memimpin dan mengemban tugas dalam mewujudkan cita-cita suatu tujuan suatu bangsa. Namun permasalahan ketidakmerataan tunjangan fasilitas sarana dan prasaran, infrastruktur dan factor lainnya menjadi penghambat dalam mewujudkan kualitas SDM yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor penyebab kesenjangan social dalam mengakses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya melakukan tahap reduksi data, penyajian data yang dihasilkamn dari analisis hasil data yang telah diperoleh , dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan, antara lain Rendahnya kualitas sarana sekolah dan tenaga pengajar, minimnya infrastruktur, sedikitnya buku refensi, masalah biaya pendidikan dan SBN.Kata Kunci:Kesenjangan Sosial, Akses Pendidikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...