ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember

Peningkatan Pengetahuan Pengelola Unit Usaha Pesantren Dalam Penggunaan Media Digital Sebagai Pemasaran Produk dan Income Generating Pondok Pesantren

Imam Abdul Aziz (Faculty of Islamic Economics, Djuanda University Bogor)
Zahra Khusnul Lathifah (Universitas Djuanda)
Abdul Kholik (Universitas Djuanda)
Agung Muttaqien (Universitas Djuanda)
Lilis Fauziah Balgis (Universitas Djuanda)
Nyntyas Nurul Inayah (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua di Indonesia yang telah memberikan banyak kontribusi terhadap negeri ini. Banyak putera puteri bangsa yang berperan penting untuk kemajuan negeri berasal dari para santri yang berlatar belakang Pendidikan pesantren. Akan tetapi masih banyak pondok pesantren yang memiliki kekurangan secara finansial dalam Lembaga pendidikannya meskipun sudah memiliki unit usaaha untuk kemajuan pesantrennya. Masalah utamanya adalah belum berkembangnya unit usaha yang dijalankan oleh para mengelola dan para santri serta belum meratanya pemahaman teknologi digital dalam pemasaran produk. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelola unit usaha pesantren dalam penggunaan media digital sebagai pemasaran prooduk dan income generating pondok pesantren. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode popular education dengan pendekatan The Training Cycle. Hasil dari pengabdian ini pengelola unit usaha pondok pesantren memiliki peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang digital marketing sejumlah 70% dan masing-masing unit usaha pondok pesantren mulai membuat media pemasaran online melalui media sosial demi meningkatkan income generating pondok pesantren.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almujtamae

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat | ISSN 2809-347X (Online) | is an official journal published by the Faculty of Islamic Economics, Djuanda University, Bogor as a medium for disseminating, exchanging information and communication carried out by devotees as a result of community service ...