Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol 3 No 2 (2022): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Susukanlebak.

Yetti Rohayati (Unknown)
Nur Yana (Unknown)
Apriyanda Kusuma Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengalaman reflektif siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi canva (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva pada kelas eksperimen (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi canva dengan siswa yang menggunakan media buku cetak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berdasarkan jumlah perhitungan skala likert pengalaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi canva mendapat hasil 1% sangat tidak setuju (STS), 2% tidak setuju (TS), 5% ragu-ragu, 45% Setuju (S), 47% sangat setuju (SS) dalam persentase skala likert yakni masuk kategori cukup karena perolehan nilai rata-ratanya 4.18 (41%) berada dalan rentang angka 40% - 59,99% = Cukup. Berdasarkan uji T untuk variabel penggunaan media pembelajaran (X) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Maka keputusan yang diambil yakni H0 ditolak Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva secara signifikan. Berdasarkan uji Independent T tes yang telah dilakukan peneliti didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Maka keputusan yang diambil terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...