cover
Contact Name
Wardani
Contact Email
socialpedagogy@metrouniv.ac.id
Phone
+62853666779094
Journal Mail Official
socialpedagogy@metrouniv.ac.id
Editorial Address
Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FTIK Institut Agama Islam Negeri Metro Jl. Ki Hajar Dewantara Kampus 15A Iringmulyo Kota Metro Lampung 34111. email : socialpedagogy@metrouniv.ac.id
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
ISSN : 27227138     EISSN : 27227154     DOI : https://doi.org/10.32332/social-pedagogy
Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian Sosiologi Kajian Antropologi Kajian Ilmu-Ilmu Sosial
Articles 70 Documents
Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21 Muslim Muslim
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 1 No 2 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.05 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v1i2.2745

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan IPS dalam pembentukan perilaku sosial dan tanggung jawab sosial di era abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam membentuk perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa pada mata pelajaran IPS dapat dikembangkan melalui kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi intelektual. 2) Kompetensi sosial yang dikembangkan ialah kesadaran dirinya sebagai anggota masyarakat sehingga perlu saling menghormati dan menghargai; toleransi, pemahaman dan kesadaran atas kesantunan hidup bermasyarakat dan berbangsa; kemampuan berkomunikasi dan kerjasama antara sesama; sikap prososial; kemampuan dan kepedulian sosial pada lingkungan; memperkokoh semangat kebangsaan, pemahaman tentang perbedaan dan kesederajatan. Kajian ini pada akhirnya setelah keterampilan sosial dan kompetensi sosial dikembangkan pada mata pelajaran IPS maka perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa dapat terbentuk dengan baik.
SECANGKIR KOPI : POTRET ANTARA KEARIFAN LOKAL DAN GAYA HIDUP MASA KINI Atik Purwasih; Anita Lisdiana
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 3 No 1 (2022): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.002 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v3i1.4990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perubahan secangkir kopi yang bermula dari kearifan local menjadi gaya hidup masa kini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kopi asal Indonesia memiliki tempat di kancah global. Pada mulanya kopi merupakan minuman tradisional yang menunjukan kearifan local di Indonesia. Saat ini secangkir kopi menjadi trand secara global. Seperti adanya starbucks yang juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini menunjukan perubahan yang perlu diperhatikan agar kearifan local tetap terjaga dengan seiring perkembangan zaman.
Motivasi Petani dalam Budidaya Tanaman Jagung Manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Ellitdha Margawati; Eny Lestari; Sugihardjo Sugihardjo
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 1 No 2 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.739 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v1i2.2743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis, mengetahui faktor-faktor pembentuk motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis dan mengkaji hubungan antara faktor-faktor pembentuk motivasi dengan tingkat motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Cara pemilihan lokasi yaitu purposive di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan responden di ambil sebanyak 60 petani. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman dengan program SPSS Statistics 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor pembentuk motivasi yaitu umur, pendidikan non formal, pengalaman, luas lahan, jumlah anggota keluarga, pendapatan, lingkungan sosial dan lingkungan ekonomi (2) Kebutuhan akan keberadaan mendominasi tingkat motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar yaitu berada pada kategori sangat tinggi. (3) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara faktor luas lahan, pendapatan, dan lingkungan sosial dengan motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis. Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan non formal dan jumlah anggota keluarga dengan motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis, sedangkan faktor umur, pengalaman, dan lingkungan ekonomi tidak berhubungan signifikan dengan motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.
Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI Wonorejo Muhammad Al-Adil Adabi; Nanda Febri Ariyani; Novita Dewi Lestari; Rosita Sari; Anita Lisdiana
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 2 No 2 (2021): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.546 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v3i1.4319

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP PGRI Wonorejo dengan menggunakan sekaligus menerapkan media gambar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pembelajaran IPS diperlukan adanya pembelajaran yang tepat serta optimal bagi guru dan siswa baik intelektual maupun emosional, agar proses pembelajaran berlangsung ideal. Namun keadaan faktualnya menunjukan hal yang berbeda, guru hanya sekedar mengajar untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka semata. Jarang sekali ditemui guru yang berinovasi mengembangkan metode, atau media untuk bahan pengajaran mereka.
Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kitab Kuntara Raja Niti Sebagai Pedoman Laku Masyarakat Lampung Citra Ayyuhda; Karsiwan Karsiwan
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 1 No 1 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.361 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v1i1.2125

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui nilai-nilai ke-Islaman dalam laku masyarakat Lampung yang terdapat pada Kitab Kuntara Raja Niti. Metode penelitian, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Penelitian ini fokus kepada kandungan nilai-nilai ke-Islaman dalam laku masyarakat Lampung dalam aktifitasnya berdasarkan aturan dalam Kitab Kuntara Raja Niti. Jenis penelitian ini berusaha untuk mengembangkan konsep, pemahaman dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai ke-Islaman dalam tradisi masyarakat Lampung yang terdapat pada Kitab Kuntara Raja Niti. Nilai-Nilai ke-Islaman tersebut antara lain: 1) Harga diri, 2) Berbudi pekerti, 3) Teguh pendirian, 4) Larangan sumpah palsu, 5) Ramah, 6) Saling Menghormati, 7) Cara berucap, 8) Akhlak Bujang gadis, 9) Menjaga lingkungan alam, 10) Bersihnya desa. Semua nilai-nilai kearifan local tersebut yang terdapat dalam hokum adat masyarakat Lampung yaitu Kitab Kuntara Raja Niti dapat di Integrasikan kedalam perspektif islam yang mayoritasnya dianut oleh warga Negara Indonesia. Kata kunci: Nilai-Nilai Islam, Kuntara Raja Niti, Laku Lampung
Membangun Sifat Anti Korupsi Mahasiswa Tadris IPS IAIN Metro Lampung Melalui Seminar Pendidikan Moral dan Anti Korupsi Sri Wahyuni; Lativatul Aini; Yuliana Asmara Dewi
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 2 No 1 (2021): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.257 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v2i2.3515

Abstract

Anti Korupsi adalah sikap dan perilaku untuk tidak mendukung adanya upaya untuk merubuhkan keuangan negara dan perekonomian Negara. Mahasiswa memiliki peran dan tanggung jawab sosial yang meliputi agent of change, iron stock, guardian of value, moral force, dan social control. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana membangun sifat anti korupsi pada mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IAIN Metro Lampung melalui Seminar Pendidikan Moral dan Anti Korupsi.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membangun sifat Anti Korupsi pada mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IAIN Metro Lampung salah satunya melalui cara mengadakan seminar pendidikan moral dan anti korupsi. Hal tersebut dapat menjadi bukti bahwa mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IAIN Metro Lampung sedang/telah berusaha untuk melakukan perannya serta tanggungjawabnya sebagai mahasiswa. membangun sifat anti korupsi melaui Seminar Pendidikan Moral dan Anti Korupsi dapat dijadikan contoh gerakan mahasiswa yang positif untuk memberikan kontribusi dan sinergi bagaimana menanggulangi masalah-masalah korupsi yang terjadi pada saat ini
Pemberdayaan Pokdakan Tanggul Penangkis dalam Budidaya Ikan Bandeng di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara Ani Yulistyaningsih; Joko Winarno; Sugihardjo Sugihardjo
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 1 No 2 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.956 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v1i2.2737

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh agen pemberdaya untuk tujuan perbaikan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat melalui kegiatan budidaya ikan bandeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemberdayaan Pokdakan Tanggul Penangkis dalam budidaya ikan bandeng, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Pokdakan Tanggul Penangkis dalam melakukan budidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu, Donorojo Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus, yaitu melakukan kajian yang mendalam terhadap obyek Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tanggul Penangkis di Desa Ujungwatu, Donorojo Jepara. Lokasi penelitian dan penentuan informan ini ditentukam secara purposive. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pengurus dan anggota pokdakan Tanggul Penangkis, penyuluh perikanan, dan masyarakat setempat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik validitas data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam proses pemberdayaan pokdakan Tanggul Penangkis berupa penyuluhan dan pendampingan, pelatihan, serta pengakuan legalitas badan hukum sebagai bentuk bina kelembagaan. Faktor pendukung pokdakan melakukan budidaya ikan bandeng adalah pengetahuan, motivasi, kondisi air, dan akses pasar. Faktor penghambat pokdakan dalam melakukan budidaya ikan bandeng adalah kondisi cuaca buruk, permainan harga pasar, harga pakan, hama, dan saluran air.
ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN TERHADAP MINAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA Widya Hestiningtyas; Reza Andika Nurdiansyah; Yon Rizal
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 3 No 1 (2022): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.349 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v3i1.4988

Abstract

Indonesia merupakan negara yang menerapkan sistem perekonomian Pancasila dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar penerapannya. Koperasi adalah badan usaha yang paling sesuai dengan landasan tersebut, salah satu bentuk koperasi di lingkungan perguruan tinggi adalah Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung (Kopma Unila). Mahasiswa diharapkan dapat aktif dan mendukung kegiatan perkoperasian di Kopma Unila, namun nyatanya minat yang dimiliki masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perkoperasian terhadap minat mahasiswa Universitas lampung menjadi anggota Kopma Unila. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif verifikatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang terjadi dengan menggunakan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Lampung angkatan 2017-2019 sebanyak 17.718 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan sebesar 341 mahasiswa dengan menggunakan perhitungan Isaac-Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan alokasi besarnya sampel masing-masing fakultas menggunakan teknik proportionated random sampling. Hasil analisis menunjukan adanya pengaruh pengetahuan perkoperasian terhadap minat mahasiswa menjadi anggota Kopma Unila sebesar 61,8%.
Daya Tarik Pesantren Darul Ulya Dalam Perspektif Ilmu-Ilmu Sosial Aprilia Audia; Endang Sriwahyuni; Novita Dewi Lestari; Wellfarina Hamer
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 1 No 1 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.95 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v1i1.2159

Abstract

Pondok Pesantren Darul Ulya merupakan salah satu Pondok Pesantren Tradisional yang berada di Kota Metro. Letaknya yang berada di dekat kawasan Pendidikan Kota Metro membuat para siswa maupun mahasiswa yang berada dekat dengan Pondok ini tertarik untuk menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Darul Ulya ini. Dalam penilitian ini penulis mengkaji beberapa faktor pendorong mahasiswa untuk masuk ke Pondok Pesantren Darul Ulya ini dari beberapa perspektif ilmu-ilmu sosial, yang diantaranya adalah ilmu sejarah, ilmu geografi, ilmu sosiologi, dan ilmu ekonomi. Kata Kunci: Pondok Pesantren, ilmu-ilmu sosial
EFEKTIFITAS HARI BELAJAR GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN PANGKALAN BARU KABUPATEN BANGKA TENGAH Yuni Iswanto
SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education Vol 2 No 1 (2021): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.248 KB) | DOI: 10.32332/social-pedagogy.v2i2.3520

Abstract

Peraturan Bupati Bangka Tengah No. 50 tahun 2015 Tentang Hari Belajar Guru di Kabupaten Bangka Tengah. Peraturan Bupati bertujuan untuk menciptakan suasana pendidikan yang kreatif, dinamis, dan dialogis. Peraturan ini mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta dapat memberikan teladan yang menjadi panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat. Dengan menjaga nama baik lembaga, selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan Sumber Data Manusia (SDM) dalam peningkatan kualitas pendidikan sebagai perioritas pembangunan nasional. Penelitian ini ingin mengukur apakah terdapat pengaruh signifikan antara Hari Belajar guru terhadap Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian ini ingin melihat pengaruh antar variabel, baik antara satu variabel bebas dengan satu variabel terikat. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dengan analisis regresi sederhana. Uji F untuk mengukur pengaruh satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Variabel bebas yang dimaksud adalah variabel efektivitas hari belajar guru. Sedangkan variabel terikat adalah kompetensi guru di SMP se-Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Analisis Regresi Sederhana Uji T dan Uji Anova atau Uji F diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan efektivitas hari belajar guru dan pengaruhnya terhadap kompetensi guru di SMP se-Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.