Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Design Based Research: Pengembangan Bahan Ajar Etnoandragogi

Rufran Zulkarnain (Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu)
Ari Putra (Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu)
Dwi Ismawati (Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu)
Ririn Gusti (Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari pengembangan bahan ajar etnoandragogi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode design-based research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penilaian para ahli, dan kuisioner. Output dari penelitian ini adalah  referensi pembelajaran Pendidikan nonformal berupa bahan ajar pendidikan orang dewasa (andragogi).  Muatan bahan ajar ini berupa kajian ilmu pendidikan bagi orang dewasa yang ada pada masyarakat suku lembak di Bengkulu Tengah, seperti nilai-nilai kearifan lokal masyarakat suku lembak, prinsip belajar masyarakat berbasis nilai-nilai kearifan lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...