Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Efektivitas Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Dalam Mempertahankan Kinerja guru SMK di Masa Transisi

Rizki Firdausi Rachma Dania (Universitas Negeri Jakarta)
Corry Yohanna (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Guru menjadi ujung tombak dari penyelenggaraan edukasi. Maka dari itu kinerja guru menjadi suatu hal yang perlu ditingkatkan dan dijaga. Namun, dengan adanya pandemi dan perubahan globalisasi, kinerja guru jadi menunjukkan kecenderungan menurun. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMK dilihat dari seperti kepuasan kerja, kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kepemimpinan transformasional. Banyak penelitian mengenai hubungan hubungan keempat variabel di atas. Namun, masih banyak research gap dengan klaim yang berbeda. Maka dari itu penelitian ini akan berfokus pada Efektivitas kepemimpinan transformasional , kepuasan kerja dalam mempertahankan kinerja guru SMK di masa transisi. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif. Penyebaran data dan pemilihan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling dan pengelolahan data dilakukan dengan SEM. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan kesiapan menghadapi perubahan berpengaruh positif dalam mempertahankan kinerja karyawan di tengah masa transisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...