Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Cindrawati S. Mustapa (Universitas Negeri Gorontalo)
Rosman Ilato (Universitas Negeri Gorontalo)
Meyko Panigoro (Universitas Negeri Gorontalo)
Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo)
Ardiansyah Ardiansyah (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Jumlah Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data Kuisioner (Angket) dan di analisis menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Besaran pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa 79,7% sedangkan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...