Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Fluida Statis

Aswan Bannang (Universitas Negeri Gorontalo)
Ritin Uloli (Universitas Negeri Gorontalo)
Tirtawaty Abdjul (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan penunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuri yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA4 dan XI IPA5 SMA Negeri 1 Kabila. Proses pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh dari penilaian kevalidan perangkat pembelajaran oleh tim ahli memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata: RPP 97.42 %, bahan ajar 96.59 %, LKPD 94.32 % dan tes hasil belajar 95.45 %; penilaian kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan pengamatan aktivitas peserta didik dikelas XI IPA4 dan XI IPA5 memenuhi kriteria sangat praktis ; penilaian keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil angket respon peserta didik memenuhi kriteria sangat efektif dan tes hasil belajar peserta didik dengan rata-rata: kelas XI IPA4 untuk persentase ketuntasan secara klasikal 88,89%, N-Gain 0,760 sedangkan kelas XI IPA5 untuk persentase ketuntasan 94,44%, dan N-Gain 0,783 dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuiri valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...