Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Vol 7, No 3 (2022): September

Pengaruh kelompok referensi dan kepercayaan merek serta kemudahan pengguna terhadap keputusan konsumen menggunakan aplikasi transportasi berbasis online

Aulia Istiqomah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)
Mohammad Wasil (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelompok referensi dan kepercayaan merek serta kemudahan pengguna terhadap keputusan konsumen menggunakan aplikasi transportasi berbasis online maxim di kota samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan aplikasi transportasi Maxim minimal sekali penggunaan dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 80 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok referensi (X1), kepercayaan merek (X2), dan kemudahan pengguna (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) baik secara parsial maupun simultan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...