cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 1,495 Documents
PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN SENSITIVITAS ETIKA PROFESI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA AUDITOR EKSTERNAL (STUDI KASUS PADA AUDITOR PERWAKILAN BPK RI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i2.303

Abstract

The purpose of this study to determine the effect of Independence, Competence and Sensitivity Professional Ethics of the auditor's work productivity. This research is a quantitative survey approach. The sampling technique using a sample population that took the entire population as a sample. The independent variables consist of Independence (X1), Competence (X2) Sensitivity Ethics (X3), while the dependent variable adala auditor labor productivity (Y), Methods Data were analyzed using multiple linear regression with F test and t test. The results showed that the variable Independence (X1), Competence (X2) and Sensitivity Ethics (X3) simultaneously significant effect on the productivity of auditor BPK RI Representative of East Kalimantan Province.Keywords: Independence, competence, sensitivity Ethics and Work Productivity
Studi Literasi Keuangan Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Mulawarman
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 3 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v3i3.1605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi keuangan mahasiswa pascasarjana dengan mengukur dari beberapa komponen literasi keuangan seperti pengetahuan keuangan dan perilaku keuangan. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner untuk mahasiswa pascasarjana. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu 131 siswa dari angkatan 27 hingga 28 dan 36 hingga 37. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan pada dua kelompok mahasiswa pascasarjana, dimana dalam dimensi dari kemampuan kedua kelompok siswa tidak memiliki perbedaan yang signifikan, tetapi dalam dimensi pengetahuan kedua kelompok siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Dan untuk hipotesis untuk menguji tingkat literasi keuangan dan hubungan pengetahuan menunjukkan perbedaan negatif tidak signifikan dan untuk hipotesis untuk menguji tingkat literasi keuangan dan hubungan perilaku keuangan menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan
KINERJA KARYAWAN RUMAH SAKIT PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA SAMARINDA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 4 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.613 KB) | DOI: 10.29264/jimm.v3i4.2550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan, Kompensasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja (Karyawan Rumah Sakit Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Samarinda). Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah karyawan Rumah S Sakit Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 35 responden. Metode analisis data menggunakan SmartPLS. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa variabel Rekrutmen, Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih besar dari 1,96
Pengoptimalan kualitas pelayanan nasabah dengan menggunakan teori antrian pada pt bank rakyat indonesia unit samboja
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i2.3946

Abstract

Hariyanti Julita Sari 2018. Pengoptimalan Kualitas Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Teori Antrian Pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Samboja Dibimbing oleh: Ibu Justina Ade Judiardi, pembimbing I dan Bapak M. Amin Kadafi, pembimbing II.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi kualitas pelayanan yang terjadi pada antrian PT Bank Rakyat Indonesia Unit Samboja dengan menerapkan teori antrian.Penelitian dilakukan setiap hari kerja selama 6 jam yaitu jam kerja mulai pukul 08.00 15.00 wita dalam satu bulan. Data yang terkumpul yaitu jumlah kedatangan nasabah selama jam kerja yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori antrian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang terjadi pada antrian PT Bank Rakyat Indonesia Unit Samboja tidak optimal, pada hari tertentu dimana kedatangan melebihi dari rata-rata nasabah yang dapat dilayani persatuan waktu tertentu. Tingkat kedatangan nasabah yang melebihi rata-rata biasanya terjadi pada hari Senin dan Jumat. Dimana jumlah nasabah yang datang melebihi rata-rata sehingga menyebabkan pelayanan menjadi tidak optimal.Struktur antrian yang terjadi pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Samboja saat ini adalah Single Channel-Single Phase yaitu hanya menggunakan 1 fasilitas pelayanan. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan perusahaan maka perlu dilakukan pengubahan sistem menjadi Multi Channel-Single Phase dengan penambahan 1 fasilitas pelayanan sehingga menjadi 2 teller.
Pengaruh Kepemilikan Pemerintah dan Krisis Keuangan Terhadap Rasio Utang pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 3 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i3.4733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemilikan pemerintah dan krisis keuangan terhadap rasio utang pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia. Periode penelitian ini selama 9 (Sembilan tahun), yaitu tahun 2008-2016. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2016. Sampel yang diperoleh adalah 28 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan regresi data panel. Hasil penelitian pada pengaruh krisis keuangan terhadap rasio utang adalah positif dan signifikan. Pengaruh kepemilikan pemerintah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap rasio utang. Variabel interaksi kepemilikan pemerintah dengan krisis keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap rasio utang
Pengaruh corporate social responsibility dan corporate governance terhadap cash holding dengan systematic risk sebagai variabel moderasi pada sektor property dan real eatate di bursa efek indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i2.5285

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate,social responsibility dan corporate governance,terhadap cash holding dengan systematic risk,sebagai variabel moderasi.model analisis penelitian ini menggunakan fixed effect method(FEM).populasi penelitian ini adalah 47 perusahaan property dan real estate yang terdaftar dibursa efek indonesia. motede pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. sampel penelitian ini sebanyak 41 perusahaan property dan real estate yang terdaftar dibursa efek indonesia . metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cash holding, corporate governance berpangaruh positif dan tidak signifikan terhadap cash holding serta moderasi corporate social responsibility dan systematic risk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap cash holding.
Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas, serta pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6706

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di peroleh dari data publikasi tahunan laporan keuangan perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018, dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri 12 perusahaan. Pengujian dilakukan dengan analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan bantuan program komputer yaitu program SPSS versi 24.Hasil pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018. Pada hasil pengujian hipotesis yang lain menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018.
Pengaruh BI rate, capital adequacy ratio, non performing financing, terhadap profitabilitas
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Bi Rate, Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas (ROA). Penelitian ini dilakukan pada Bank Umum Syariah periode 2013-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 13 perbankan, tetapi berdasarkan kriteria yang digunakan maka sampel penelitian sebanyak 9 Bank Syariah yang ada di Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel Bi Rate, Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Adapun uji T menunjukkan bahwa secara parsial variabel BI Rate berpengaruh positif dan tidak signifikan, Variabel Capital Adequacy Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan variabel Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).
PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Di ONLINE SHOPPING
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i2.338

Abstract

ABSTRAKNurul Awaliyah, 2016, Influence of Trust, Convenience, And Diversity Products  Against Purchase Intention Online Shopping( a case study of Students STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda). Under the guidance of Mr. Drs. Pamasang S. Siburian, M.Agr as first counselor and Mrs Saida Zainurossalamia ZA, SE., M.Si as second counselor. The purpose of this study was to see how the Influence of variable Trust, Convenience, And Diversity Products against Purchase Intention at online shopping on student STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda and to determine that Variable Trust, Convenience, And Diversity Products are positive and significant on the Purchase decision at online shopping of STMIK Widya Cipta Dharma Student. The analysis tool used is mutiple linear analysis. The result of this study indicate that variable Trust, Convenience, And Diversity Products are positive and significant in simultaneously against of Purchase Intention at Online Shopping, where in the F test (Simultan) and t Test (persial) had value of Fcount > Ftable (value Fcount  bigger than Ftable) Kata Kunci :Trust, Convenience, Diversity Products , Purchase Intention , Online Shopping.
Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen Intan Ratna Sari; Tetra Hidayati; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (3,614 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2,171 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,034 < 0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.

Page 1 of 150 | Total Record : 1495