cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 1,278 Documents
Pengaruh Service Recovery terhadap Loyalitas yang Di Mediasi Kepuasan Konsumen pada Jasa Bengkel Sipatuo Motor Melisa Melisa; Tetra Hidayati; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1003

Abstract

Bengkel Sipatuo Motor merupakan bengkel yang unggul diantara pesaingnya, namun terkadang mengalamin kegagalan jasa seperti kesalahan dalam memasang onderdil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha penanggulangan kegagalan jasa menggunakan Service Recovery. Penelitian ini  menganalisis variable  -  variabel  service recovery yaitu distributive justice, procedural justice,  dan  interactional justice,  pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen serta terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilakukan kepada 50 responden yang telah memenuhi syarat dengan memberikan kusioner untuk diisi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa setiap variable mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen serta pada loyalitas pelanggan.
Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen Intan Ratna Sari; Tetra Hidayati; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (3,614 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2,171 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,034 < 0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.
Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen Intan Ratna Sari; Tetra Hidayati; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung ttabel (3,614 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung ttabel (2,171 2,002) dengan nilai signifikan 0,034  0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.
Pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasi dan perilaku kewarganegaraan organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina EP ASSET V Sangatta Field. Pengambilan sampel iniPenelitian berjumlah 110 orang dari jumlah populasi sebanyak 150 orang yang diambil secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linier bergandamembantu IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23 untuk Program Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian dari hipotesis yang diajukan oleh hasil uji t yang X1 = 4,002; X2 = 2,379; X3 = 5,702. Dari ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hipotesis pertama, berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasi hipotesis kedua berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan ketiga, perilaku kewargaan organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan Mega Astuti; Tetra Hidayati; Robiansyah Robiansyah
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasi dan perilaku kewarganegaraan organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina EP ASSET V Sangatta Field. Pengambilan sampel iniPenelitian berjumlah 110 orang dari jumlah populasi sebanyak 150 orang yang diambil secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linier bergandamembantu IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23 untuk Program Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian dari hipotesis yang diajukan oleh hasil uji t yang X1 = 4,002; X2 = 2,379; X3 = 5,702. Dari ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hipotesis pertama, berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasi hipotesis kedua berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan ketiga, perilaku kewargaan organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh capital adequacy ratio, net operating margin, finance to deposit ratio, dan BOPO
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pengaruh Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia.Secara parsial variabel Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO berrpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, Sedangkan Capital Adequacy Ratiotidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Nilai R sebesar 0,483 berarti bahwa terdapat hubungan yang sedang dari variabel Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO Terhadap Profitabilitas (ROA). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 23,30 persen hal ini menunjukkan besarnya proporsi sumbangan variabel Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO Terhadap Profitabilitas (ROA).
Pengaruh capital adequacy ratio, net operating margin, finance to deposit ratio, dan BOPO Aditya Wiranatha; Michael Hadjat; Musdalifah Azis
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pengaruh Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel Capital Adequacy Ratio, Net Operating   Margin,   Finance   To   Deposit   Ratio,   BOPO   secara   simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia.Secara  parsial  variabel  Net  Operating  Margin,  Finance  To  Deposit Ratio, BOPO berrpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, Sedangkan Capital Adequacy Ratiotidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.   Nilai R sebesar 0,483 berarti bahwa terdapat hubungan yang  sedang  dari  variabel  Capital  Adequacy  Ratio,  Net  Operating  Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO Terhadap Profitabilitas (ROA). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 23,30 persen hal ini menunjukkan besarnya proporsi sumbangan variabel Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Finance To Deposit Ratio, BOPO Terhadap Profitabilitas (ROA).
Pengaruh motivasi dan dukungan organisasi serta insentif terhadap loyalitas karyawan
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasii serta dukungan organisasi dan insentif Terhadap loyalitas karyawan Finansia MultiKeuangan PT Di Kalimantan Timur. Teori dasar menggunakan manajemen sumber daya manusia dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan 68 Karyawan.
Pengaruh motivasi dan dukungan organisasi serta insentif terhadap loyalitas karyawan Dody Paringga; Yonathan Pongtuluran; Doddy Adhimursandi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasii serta dukungan organisasi dan insentif Terhadap loyalitas karyawan Finansia MultiKeuangan PT Di Kalimantan Timur. Teori dasar menggunakan manajemen sumber daya manusia dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan 68 Karyawan.
Pengaruh job insecurity dan beban kerja terhadap turnover intentiont karyawan Falga Bara Prima; Sukisno S. Riadi; Ariesta Heksarini
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang ketidakamanan kerja, beban kerja dan turnover yang dilakukan karyawan Starbucks di Kalimantan Timur. Hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu temuan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel ketidakamanan kerja, beban kerja dan turnover intention pada perusahaan atau organisasi lainnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan area Starbucks Kaltim sebanyak 43 orang. Sensus sampling menggunakan teknik sampling karena populasinya relatif kecil. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengolahan data untuk membahas dan menarik kesimpulan penelitian, digunakan alat paket program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) versi 21. Hasil pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa keresahan kerja memiliki pengaruh positif dan peningkatan signifikan pada intensi turnover karyawan Starbucks. di Kalimantan Timur. Dan beban kerja memberikan efek positif dan signifikan dalam meningkatkan niat turnover karyawan Starbucks di Kalimantan Timur. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diverifikasi.

Page 1 of 128 | Total Record : 1278