Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 4 (2022)

Pelatihan Penyusunan Perangkat Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP di Kota Palangka Raya

Iwan Fauzi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya)
Merylin Simbolon (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya)
Natalina Asi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pemberdayaan Masyarakat (PKM-PPM) ini bertujuan untuk memberi pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat penilaian pembelajaran bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Palangka Raya. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan direct instruction pada bulan Agustus 2022 dengan melibatkan tujuh orang Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Palangka Raya.  Pada tahap pelatihan para guru dibekali pendalaman materi tentang konsep dasar penyusunan perangkat penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dan cara mengembangkan desainnya. Untuk tahap pendampingan, para guru dibimbing mengembangkan desain perangkat penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dan mengimplementasikannya pada masing-masing kelas yang diampu. Hasil dari kegiatan pelatihan yang dilakukan diperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru menyusun dan mengembangkan perangkat penilaian pembelajaran Bahasa Inggris. Hal tersebut ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata 41,329  sebelum diberi pelatihan dan menjadi nilai rata-rata 89,800 setelah diberi pelatihan. Seturut hal itu dapat disimpulkan, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMP di Kota Palangka Raya dalam menyusun perangkat penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dengan sangat baik.The Community Service Activity of the Community Empowerment Program (PKM-PPM) aims at providing training and assistance in the preparation of learning assessment tools for secondary school English teachers in Palangka Raya. The training activity was carried out using a direct instruction approach in August 2022 by involving seven English teachers in Palangka Raya secondary school. At the training stage, the teachers were provided with in-depth material on preparing an English learning assessment tool and how to develop its assessment design. For the mentoring stage, the teachers were guided to develop the learning assessment tool design and implement it on lesson topics taught. The results of the training activities show the improvement of the knowledge and skill of teachers in arranging and developing English learning assessment tool. This is proved by the average score achieved (41.329) before being given the training and 89.800 after the training given. Therefore, it can be concluded that this training and mentoring activity positively impacts the knowledge and skill of secondary school teachers in preparing English learning assessment tools.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...