PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 2 No. 3 (2022): P-SEMART Journal

Lari Jarak Pendek Dapat Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa Kelas 8 Dalam Pembelajaran Tatap Muka

Djumadi (SMP NEGERI 41 SURABAYA)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan pencapaian keterampilan praktek siswa melalui materi lari jarak pendek di SMP Negeri 41 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 41 Surabaya sebanyak 30 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Proses kemajuan telah terjadi pada setiap siklus, serta peningkatan nilai rata-rata siswa dan proporsi siswa yang lulus ujian yang diberikan selama penelitian pendahuluan, siklus I, dan siklus II, adalah contoh peningkatan siswa. Nilai rata-rata pre-test hanya 62,42, tetapi siklus I dan siklus II masing-masing meningkat menjadi 71,10 dan 71,10 (77,30). Skor pre-test maksimum setelah itu hanya 74 dan meningkat menjadi 82 menjadi 88 pada siklus berikutnya. Nilai postes tertinggi berkisar antara 62 sampai 68, sedangkan nilai pretes terendah adalah 50. Pretes hanya dilalui oleh lima siswa (16,67%). Sementara hasil post-test menunjukkan peningkatan proporsi siswa yang berhasil, dengan 27 siswa (90%) yang lulus pada post-test siklus II dibandingkan dengan 18 siswa (60%) yang lulus pada post-test siklus I. Norma Kriteria Ketuntasan (KKM) > 70, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena kriteria keberhasilan terpenuhi 90%, dengan 27 siswa menyelesaikan post-test.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...