Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Desain LKPD Berbasis Field Trip pada Materi Ekosistem Sawah

Nana Suhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ujang Jamaludin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Virtual Field Trip berbasis ESD yang valid dan praktis sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam mempelajari materi budi daya tanaman. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan yaitu metode penelitian Design Based Research (DBR). Penelitian ini terbagi menjadi 4 tahapan yang dilakukan dengan mengadopsi desain penelitian yang disampaikan oleh Reeves. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Ciawi 2 dan siswa kelas IV SDN Ciawi 2. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli, hasil analisis jawaban siswa terhadap LKPD dan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bawa pengembangan LKPD Virtual Field Trip berbasis ESD pada materi budi daya tanaman di sekolah dasar layak digunakan. Produk LKPD yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, memfasilitasi pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan, dan mendorong pembelajaran siswa yang mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...