Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Upaya Meningkatkan Aktitivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Alat Peraga Kubus Satuan

Titin Suhartini (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nana Suhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ujang Jamaludin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada indikator menghitung volume balok dan kubus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SD Negeri Sukadame 2 dan sebagai sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukadame 2. Data yang digunakan sebagai analisis data diperoleh dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan pengamat yang berupa hasil tes formarif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar Matematika bagi anak SD berguna untuk kepentingan hidup dalam lingkungannya, untuk mengembangkan pola pikirnya dan banyak yang dijumpai di lingkungan siswa sebagai sumber belajar, sebagai contoh bentuk-bentuk dan ukuran bangun ruang bekas bungkus barang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...