Journal of Islamic Education Leadership
Vol 2 No 1 (2022)

Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Organisasi di Madrasah Ibtidaiyah Karakter Al-Aqsa Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado

Rivai Bolotio (IAIN Manado)
Abdul Muis Daeng Pawero (Unknown)
Asri Kurniawati (IAIN Manado)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dibatasi pada aspek kompetensi kepala madrasah dalam membangun budaya organisasi. Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian Kompetensi kepribadian dari kepala Madrasah Ibtidaiyah Karakter Al-Aqsa sesuai dengan ciri kompetensi kepribadian yaitu; berahlak mulia, memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin, memilki keinginan yang kuat, memiliki sikap terbuka, bisa mengendalikan diri dan memiliki bakat dan minat jabatan sebagai sseorang pemimpin. Hal tersebut dapat dilihat dari keseharian kepala madrasah dalam segala tugas dan tanggung jawab yang diembannya selalu bersikap demokratis dan bijaksana, memiliki pribadi dan teladan yang baik terhadap bawahannya dan tidak segan-segan saling membantu. Kompetensi managerial kepala madrasah dari perencanaan hingga evaluasi sudah sesuai dengan standar yang ada. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perencanaan hingga evaluasi yang sistematis. Akan tetapi dalam proses penerapan perencanaan hingga visi dan misi masih banyak kendala yaitu dari segi sarana dan prasarana yang belum memadai, para guru yang sebagian dengan pendidikan terakhir SMA, dan manajemen pengelolaan keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mencakup artikel penelitian dibidang manajemen pendidikan, riset pendidikan, serta pengelolaan pendidikan diberbagai bidang di antaranya: 1) Kepemimpinan Pendidikan, 2) Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, 3) Perilaku Organisasi Pendidikan, 4) Budaya Organisasi Pendidikan, 5) ...