Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota

Sjedie Watung (Universitas Negeri Manado)
Feine Tulung (Universitas Negeri Manado)
Tika Mamonto (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan 40 sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda, dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) variabel Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 19,44%, thitung= 3,030 > ttabel = 2,024 dan fhitung = 54,88 >ftabel 4,08. (2) variabel Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 22,27%, thitung= 3,301> ttabel = 2,024 dan fhitung = 56,27>ftabel4,08. (3) variabel Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 80,65%, dan fhitung = 7,86 >ftabel 3,25. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar ABSTRACK This study aims to determine the effect of the school environment and family environment on the learning achievement of class X students at Smk Fajar Moyongkota. This research method is a survey method with 40 samples. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis and multiple correlation analysis. The results of this study are (1).The school Environment variable has a positive and significant effect on the learning Achievement of Clas X Students of Smk Fajar Moyongkota vocation school by 19,44% tcount 3,030 > ttablel = 2.024 and fcount =54,88 > ftable 4,08 (2).The family environment variable has a positive and significant effect on the learning achievement of Class X students at Smk Fajar Moyongkota vocation school by 22,27%. Tcount 3,301 > ttable= 2,024 and fcount = 56,27 > ftable 4,08. (3). The variables of the school Environment and Family Environment have a positive and significanteffect on the Learning Achievement of class X Students of Smk Fajar Moyongkota vocational School as large as 80,65%, and fcount =7,86 > ftable 3,25. Keywords: School Environment, Family Environment, Learning Achievement

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...