Kemampuan literasi penting dikembangkan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi berhitung pada pembelajaran matematika, karena salah satu tolak ukur penilaian siswa saat ini salah satunya dengan menggunakan penilaian kompetensi minimal atau AKM, salah satunya adalah mengukur kemampuan literasi berhitung siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dimana objek yang diteliti adalah siswa kelas 8 SMP Garuda Cendekia dengan melibatkan sebanyak 20 siswa. Pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah yang menuntut siswa untuk berpikir kritis dan menggali lebih dalam kemampuan literasi dan numerasi matematika mereka. Pendekatan TPACK memanfaatkan aplikasi geogebra dalam menentukan persamaan kemiringan dan garis selama tiga siklus pembelajaran. Dalam proses pembelajaran diselidiki hasil belajar dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam berpikir kritis seiring dengan hasil belajar siswa dalam menjawab soal literasi berhitung.
Copyrights © 2022