Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan
Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER

STUDENTS ACHIVEMENT TEAM DIVISION (STAD): PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI MIKRO MATERI POKOK PERMASALAHAN EKONOMI: Students Achivement Team Division (Stad): Penerapan Model Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekonomi Mikro Materi Pokok Permasalahan Ekonomi

Resti Kartika Dewi (Universitas Islam Negeri Mataram)
Sabrang Gilang Gemilang (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Students Achivement Team (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro materi Pokok Permasalahan Ekonomi. Data dikumpulkan dengan tes yang diadakan pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan kategori mampu pada refleksi awal sebesar 57,33 meningkat 11,92 pada siklus I menjadi 69,25 kemudian meningkat sebesar 5,75 menjadi 75 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat 28% dari refleksi awal sebesar 29% menjadi 57% dan sebesar 19% sehingga menjadi 76% pada siklus II. Penerapan metode STAD telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro materi Pokok Permasalahan Ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kasta

Publisher

Subject

Education

Description

KASTA adalah Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan dibawah lembaga Bale Literasi . Jurnal ini terbit tiga kali setahun, yaitu bulan April,Agustus dan Desember, ini memuat tentang ilmu-ilmu sosial, keagamaan, baik dalam pemikiran Islam,dan kajian Islam lainnya, kajian tetang budaya serta ilmu ...