Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Pengaruh Strategi Numbered Heads Together (NHT) dan The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Alifah Budi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Slamet HW (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan strategi NHT dan The Power of Two terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil MTs N Surakarta 1 tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) terdapat pengaruh penggunaan strategi NHT dan The Power of Two terhadap hasil belajar matematika, dengan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...