Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Studi Komparasi Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif 5E Dan STAD

Fimmatur Rizka Ardina (Universitas Negeri Malang)
P Purwanto (Universitas Negeri Malang)
Cholis Sa'dijah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Komunikasi matematis ini difokuskan pada komunikasi matematis lisan dan tulisan. Adapun indikator kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang diturunkan dari NCTM (2000) adalah sebagai berikut. Indikator kemampuan komunikasi matematika tulis yaitu: (1) menyatakan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika Sedangkan indikator kemampuan komunikasi lisan, yaitu: (1) menjelaskan ide matematis secara koheren dan jelas kepada teman, guru dan orang lain, dan (2) menganalisis dan menilai pemikiran dan strategi matematis orang lain. Proses membandingkan dalam penelitian ini akan didasarkan pada penelitian-penelitian terdahulu dan juga berdasarkan teori-teori tentang pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD. Hasil dari penelitian kajian teori ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe 5E lebih dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis tulis siswa dibanding STAD.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...