Jurnal Edukasi Saintifik
Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Perpaduan Ceramah Bervariasi dan Model Pembelajaran Bermain Peran

Sakran Sakran (SMA Negeri 2 Bantaeng, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Perhitungan Kurs Valuta Asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran pada Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar pengamatan untuk mengukur motivasi siswa. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran materi perhitungan kurs valuta asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Topik artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ini mencakup (tapi tidak dibatasi) pada bidang Kependidikan, antara lain: Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Metode/Model/Strategi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Psikologi Kependidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Filsafat ...