cover
Contact Name
Wahyuddin Rauf
Contact Email
official.stkipmb@gmail.com
Phone
+6285395435889
Journal Mail Official
official.stkipmb@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Muhammadiyah Barru Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2 Tanete Rilau, Kab. Barru Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kab. barru,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Edukasi Saintifik
ISSN : 27973611     EISSN : 27753069     DOI : -
Core Subject : Education,
Topik artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ini mencakup (tapi tidak dibatasi) pada bidang Kependidikan, antara lain: Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Metode/Model/Strategi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Psikologi Kependidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Filsafat Pendidikan, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, Aministrasi dan Manajemen Pendidikan, Bimbingan dan Penyuluhan, Profesi Kependidikan dan Keguruan, Pendidikan Luar Sekolah, dan Pendidikan Umum.
Articles 45 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menemukan Nilai-Nilai Cerpen dalam Diskusi dengan Teknik Point Counterpoint Jamal Passalowongi
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.455 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menemukan nilai-nilai cerpen dalam diskusi dengan teknik point counterpoint pada siswa kelas X MIPA.1 SMA Negeri 6 Barru. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA, dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan instrument tes. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini dibagi menjadi analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan persentase nilai siswa yang berada pada kategori sangat baik 4.8%, baik 52.4%, dan cukup 42.9%. Pada siklus II, persentase siswa pada kategori sangat baik 4 orang atau 19.0% siswa, kategori baik 17 orang atau 80.9% siswa, dan tidak ada siswa yang berkategori cukup, kurang, dan sangat kurang dengan ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menemukan nilai-nilai dalam cerpen mengalami peningkatan setelah diskusi dengan teknik point counterpoint diterapkan.
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Perpaduan Ceramah Bervariasi dan Model Pembelajaran Bermain Peran Sakran Sakran
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.367 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Perhitungan Kurs Valuta Asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran pada Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar pengamatan untuk mengukur motivasi siswa. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran materi perhitungan kurs valuta asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran.
Meningkatkan Kemampuan Guru melalui Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Nurdiati Nurdiati
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.385 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru melalui pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini melibatkan 9 orang guru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru SD Negeri Bottolampe melalui KKG sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada dua siklus, juga pada hasil tes yang dilakukan, terlihat peningkatan hasil tes postes secara signifikan. Pada sebaran angket yang dilakukan untuk mengetahui persepsi/pendapat guru tentang KKG sekolah, hasil angket berada pada nilai 84,6%. Dengan demikian guru merasakan manfaat langsung dari KKG sekolah untuk meningkatkan kemampuan mereka. Peneliti merekomendasikan kepada guru agar: (1) memanfaatkan kegiatan KKG sekolah sebagai wadah pemberdayaan untuk meng-up grade kemampuan profesionalnya (2) memanfaatkan KKG sekolah untuk menjalin silaturahim dan pengembangan ilmu pengetahuan. Kepada pengawas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Barru: agar mengupayakan semua sekolah dalam koordinasinya memaksimalkan peran KKG sekolah dalam mengembangkan kualitas dan kemampuan guru.
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Budiman Budiman
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.158 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah bagaimana meningkatkan penguasaan kompetensi mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pada Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Pangkajene dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dengan adanya peningkatan baik dari hasil belajar siswa maupun perubahan kualitatif dari kehadiran dan keaktifan siswa. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Pangkajene Pangkep telah meningkat kompetensinya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas X MIA-1 SMA Mukminah Mukminah
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.537 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca (KEM) siswa kelas X MIA-1SMA Negeri 1 Barru dengan menggunakan metode klos, dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kegiatan pembelajaran jumlah siswa yang memperoleh nilai KEM dengan kategori sangat rendah 20 atau 83,3 % siswa, dan hanya 4 orang yang mampu mencapai KEM tinggi atau 16,7%. Hasil uji kemampuan isian rumpang pada siklus I yaitu: (1) Tingkat Independen 7 siswa = 17,5 %, (2) Tingkat Instruksional 8 siswa = 37,5 %, (3) Tingkat Frustasi 9 siswa = 45 %. Pada siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai KEM dengan kategori sangat rendah tinggal 1 atau 4,2% siswa, dan yang memperoleh nilai KEM tinggi menjadi 23 orang atau 95,8%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam membaca cepat dengan metode klos mengalami peningkatan secara signifikan.
Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Spoof melalui Metode Storytelling di Kelas XI MA Hidayah Hidayah
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.877 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran teks spoof melalui metode Storytelling di kelas XI IPA MA Putri DDI Mangkoso Kabupaten Barru. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dirancang untuk membantu guru menemukan dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Bentuk kajian PTK bersifat reflektif oleh pelaku tindakan dengan tujuan memperbaiki kondisi tempat praktik pembelajaran itu dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas yang memiliki rumusan masalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran teks spoof melalui metode Storytelling di kelas XI IPA MA Putri DDI Mangkoso Kabupaten Barru terjawab dengan hasil rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari 69 pada siklus I menjadi 87 di siklus II.juga pada observasi siswa bekategori cukup pada siklus I dan berketgori sangat baik pada siklus II.
Gapin Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Attaufiq Pekkae Barru Muhammad Zakariah
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.719 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelaborasi bagaimana gapin kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Attaufiq Pekkae Kec. Tanete Rilau Kab. Barru, bagaimana gambaran Gapin Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Attaufiq Pekkae Kec. Tanete Rilau Kab. Barru, dan apakah ada pengaruh Gapin Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Attaufiq Pekkae Kec. Tanete Rilau Kab. Barru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah di MI Attaufiq Pekkae, maka dapat disimpulkan bahwa: Kepemimpinan kepala sekolah di MI Attaufiq Pekkae cenderung pada gaya kepemimpinan selling dan participating.
Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Fitriwati Syamsuddin
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.747 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar jaringan tumbuhan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA.1 MAN 2 Barru. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA.1, dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian siklus I menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 69% dan meningkat menjadi 75,2% pada siklus kedua dan meningkat menjadi 85,2% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Project Based Learning Nur Amalia Halid
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.951 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan nilai tugas proyek melalui kegiatan project based learning siswa kelas VII.1 UPTD SMP Negeri 7 Barru, (2) mengubah secara positif kemampuan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan project based learning siswa, (3) mengubah secara positif aktivitas siswa dalam melaksanakan kegiatan project based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 7 Barru, di mana peneliti merupakan salah satu tenaga pengajar bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pelaksanaan penelitian. Sedangkan setting ditetapkan pada siswa kelasVII. 1, merupakan bagian dari peserta didik di kelas ini memiliki banyak permasalahan nilai tugas projek, yaitu nilai tugas projek semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, tidak mencapai KKM sebanyak 78%. Rerata nilai tugas projek yang diperoleh hanya mencapai 70,42 tergolong kategori cukup berarti tidak mencapai standar kategori baik. Peneliti dapat memutuskan bahwa nilai tugas proyek dapat ditingkatkan melalui kegiatan project based learnin. Hasil yang dicapai tiap siklus terdapat peningkatan rata-rata selisih 9,27 dan meningkat kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian, kegiatan project based learning dapat meningkatkan nilai tugas proyek siswa kelas VII.1 UPTD SMP Negeri 7 Barru Kabupaten Barru semester satu tahun pelajaran 2020/2021.
Partisipasi Komite Madrasah dalam Program Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru Kartini Kartini
Jurnal Edukasi Saintifik Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Edukasi Saintifik
Publisher : STKIP Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.717 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pokok masalahnya adalah (1) bagaimana partisipasi komite madrasah dalam program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete, (2) bagaimana program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja, (3) apakah faktor pendukung dan penghambat Komite Madrasah terhadap program pendidikan karakter Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komite Madrasah Aliyah Guppi Ralla sebagai badan pertimbangan memiliki keterbatasan baik itu dalam hal anggaran maupun hal tenaga kependidikan. Sebagai badan pendukung, komite ikut serta berperan memantau kondisi ketenagaan pendidikan guru dan non guru; sebagai badan pengontrol komite memantau pelaksanaan program madrasah. Organisasi madrasah memantau penjadwalan program madrasah, alokasi anggaran untuk pelaksanaan program madrasah maupun sumber daya pelaksana program, dan partisipasi stakeholder pendidikan dalam pelaksanaan program madrasah. Sebagai badan penghubung, setiap keputusan yang dihasilkan dalam rapat disampaikan kepada madrasah untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.