Primer Edukasi Journal
Vol 2 No 1 (2023): Januari 2023

Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor

Pemi Nur Wandira (Insitut Agama Islam Sahid Bogor)
Hana Lestari (Insitut Agama Islam Sahid Bogor)
Rusdiono Mukri (Insitut Agama Islam Sahid Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Salah satu media literasi yang dapat digunakan oleh guru pada saat pembelajaran membaca permulaan yaitu media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Book untuk meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan 64 siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Data dikumpulkan melalui angket minat membaca, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan media Big Book dan pedoman wawancara tanggapan guru dan siswa mengenai media Big Book yang digunakan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (uji t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media Big Book efektif meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa (sig. 0,000 < 0,05). Hasil post test literasi membaca pada kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sebesar 56,01 (indikator memahami isi teks); 50,45 (indikator analisis isi teks) dan 45,68 (indikator evaluasi isi teks). Hasil post test literasi membaca pada kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata sebesar 86,55 (indikator memahami isi teks); 84,95 (indikator analisis isi teks) dan 82,08 (indikator evaluasi isi teks). Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan media Big Book didapatkan persentase sebesar 95,89% dengan kategori sangat baik dan uji tanggapan siswa mengenai efektivitas media Big Book mendapatkan skor rata-rata sebesar 86,75 dengan kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media Big Book sangat menarik, bermanfaat dan mudah dipahami oleh siswa serta dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

PRIMER EDUKASI JOURNAL adalah jurnal pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Ini adalah jurnal setengah tahunan yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember untuk mengembangkan pendidikan Islam ...