JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi

Andini Febya Alfiansyah (Pendidikan Fisika, Universitas Garut)
Rani Putri Septianti (Unknown)
Wilda Nurul Qolbi (Unknown)
Asep Irvan Irvani (Pendidikan Fisika, Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

E-learning adalah inovasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yang bisa meningkatkan berbagai kemampuan peserta didik. Materi pembelajaran dapat dibuat secara virtual dalam berbagai macam format. Dampak positifnya adalah materi menjadi lebih bermakna bagi siswa, khususnya untuk pembelajaran fisika yang membutuhkan visualisasi materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemanfaatan e-learning pada pembelajaran fisika selama masa pandemi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara kepada guru Fisika di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Garut. Berdasarkan hasil wawancara tersebut didapatkan hasil bahwa MAN 1 Garut telah menggunakan e-learning berupa Learning Management System (LMS) sejak pembelajaran dilaksanakan secara daring yaitu sejak tahun 2020. LMS menjadi alternatif yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Guru dapat memantau aktivitas perkembangan peserta didik dan juga sebagai indikator penilaian peserta didik. Selain itu LMS memudahkan peserta didik dalam mengakses materi dan mengikuti pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...