Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X

Ketut Sepdyana Kartini (STMIK STIKOM Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA5 dan X IPA6. Kelas X IPA5 bertindak sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas X IPA6 bertindak sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui teknik testing. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain score ternormalisasi pada kelompok eksperimen sebesar 0,82, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,70. Pengujian hipotesis dengan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan taraf signifikansi 0,001. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa kelas X

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...