Penelitian ini didasarkann pada permasalahan peserta didik yang kurang minat terhadap pembelajaran kimia menyebabkan peserta didik kurang mencari tahu informasi tentang kimia. Modul dibuat berdasarkan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitianini yaitu untuk menghasilkan modul kimia berbasis model Problem Bassed Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Lambu Materi Laju Reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitiam ini adalah model Bog and Gall yang dimodifikasi dari tahap 1 hingga tahap 10 menjadi 1 hingga tahap 3. Penyusunan modul dimulai dari bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Hasil uji ciba kualitas modul yang dikembangkan pada penelitian ini didasarkan pada penilaian dari tiga validator ahli, dari validator pertama dengan presentse 99,31 %, validator kedua mencapai 93,10%, dan validasi pada validator ketiga yaitu mencapai presentase 62,75 %.
Copyrights © 2021