Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Pengembangan Worksheet melalui Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 26 Dompu

Mulya Yusnarti (STKIP Yapis Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Nur Wahyuni (STKIP Yapis Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Leni Marlina (STKIP Yapis Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Enung Nurhasanah (STKIP Yapis Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Jama’ah Jama’ah (STKIP Yapis Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Worksheet pendekatan saintifik merupakan lembar kerja yang dapat membantu siswa belajar dan dirancang secara menarik baik dari segi bentuk maupun isi yang berdampak pada pengembangan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah, berbuat dan bersikap sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Worksheet pendekatan saintifik yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental reseach) yang mengacu pada model 4-D (four-D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan statistik deskriptif meliputi analisis validasi perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran, analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil rekapitulasi kevalidan dari dua ahli adalah 92% dengan kategori “sangat valid”. Pada analisis kepraktisan perangkat pembelajaran terhadap responden melalui pengamatan aktivitas siswa diperoleh reliabilitas 96% dengan kategori “sangat praktis”. Analisis keefektifan perangkat pembelajran dilakukan terhadap 29 siswa. Analisis hasil belajar siswa memperoleh presentase 76% sehingga memenuhi ketuntasan klasikal yan ditetapkan sekolah yaitu 70% siswa mendapatkan skor lebih besar atau sama dengan KKM(60). Berdasarkan hasil penelitian ini Worksheet pendekatan saintifik layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar tahun pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...