cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
ainarajiepp@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarajiepp@gmail.com
Editorial Address
Ainara Press, Jln. Lintas Sumbawa, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Location
Kab. bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JIEPP
Published by Ainara Press
ISSN : 27757854     EISSN : 27757854     DOI : https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2
JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil Penelitian bidang Ilmu Pendidikan.
Articles 10 Documents
Peran Guru dalam Pembelajaran Home visit di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar Jamaah, Jamaah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.378 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.74

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran home visit di SD Negeri 25 Woja. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan di peroleh dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 25 Woja melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). Adapun pada pengimplementasian home visit terdapat tiga tahapan yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan, dibagi menjadi 2 yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan kegiatan lanjutan, c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran home visit ini dilakukan berdasarkan instruksi Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). 2) pelaksanaan home visit terdapat tiga tahap yaitu: a) tahap persiapan b) tahap pelaksanaan terbagi menjai dua yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan. c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran
Peran Orang tua dalam Membimbing Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 Nurhasanah, Enung
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.564 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.75

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak usia sekolah dasar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data di lapangan mengunakan teknik observasi, wawancara,dan dokumentasi.Yang menjadi subjek penelitian ini terdiri dari kedua orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun sebanyak 6 keluarga ,anak berjumlah 7 orang dan juga seorang guru yang bertempat tinggal di dusun Raba Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.Penentuan subjek mengunakan purposive sampling, Analisis data digunakan secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran orang tua dalam membimbing anak usia sekolah dasar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu adalah telah dilaksanakan walau kurang maksimal seperti di sekolah.Semua dikarenakan banyak dari orang tua anak yang sibuk dengan pekerjaanya dan juga kurangnya pemahaman orangtua terhadap materi pembelajaran anak.Tetapi orang tua tetap memiliki rasa peduli pada pendidikan anak. Rata-rata baik dari narasumber yang lulusan SMA atau pasca sarjana, melakukan bimbingan di malam hari dengan pembelajaran sesuai kemampuan orangtua.Orang tua biasa membimbing maupun memotivasi anak dengan cara berbeda-beda. Terkadang ada yang memberi iming-iming hadiah, memberikan pujian, nasehat maupun ada yang memberikan hukuman, agar anak mau belajar selama berada di rumah.
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Budiman, Budiman
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.239 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.76

Abstract

Permasalahan yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa, materi membuat skema kehidupan beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya di SD Negeri 29 Dompu. pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2019/2020 ". Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan, sedangkan kelompok lainnya tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi perlakuan adalah kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual (CTL), dan kelompok yang tidak diberi perlakuan adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV B, (2) metode konvensional di kelas IV A, (3) pre-test dan post-test, (4) semester genap, (5)) siklus hidup hewan. Analisis data menggunakan metode statistik yaitu perhitungan uji-t dapat melihat pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pernyataan tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel atau 7,123> 1,677. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV B (eksperimen) dan kelas IV A (kelas kontrol) di SD. Negeri 29 Dompu pada tahun pembelajaran 2019/2020.
Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar Rizaluddin, Rizaluddin
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.753 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.77

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terpadu yang mengabungkan beberapa materi, kurikulum ini mengutamakan pemahaman skill, pendidikan karakter, aktif berdiskusi, dan memiliki sopan santun yang tinggi.Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan peran guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kempo. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenalogi. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui tehnik observasi dan diperkuat dengan tehnik wawancara. Kemudian data sekunder diperoleh melalui tehnik dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis penelitian deskriptif yang hanya mengumpulkan, menulis dan menyimpulkan tanggapan dari sumber yang diperoleh penulis dengan cara mewawancarai dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa peran guru dalam menerapkan kurikulum  2013 menurut guru, yang perlu kita siapkan yaitu RPP dan Silabus, buku paket, media pembelajaran, Lcd dan Leptop, selain sebagai pedoman agar  pembelajarannya terarah dengan baik dan benar, ini juga sebagai penunjang agar tercapainnya apa yang di inginkan kurikulum 2013. Pembelajaran kurikulum 2013 mengutamakan pemahaman skill pendidikan karakter, aktif berdiskusi dan memiliki sopan santun yang tinggi.
Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa SMP) Imansyah, M. Nur
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.26 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menjawab rumusan masalah Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis daring pada masa pandemic covid-19 di SMPN 01 Dompu tahun Pembelajaran 2020/2021 Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran secara daring menggunakan Google Classrrom tidak efektif karena banyaknya faktor dan kendala yang di alami siswa atau peserta didik saat proses pembelajaran daring. Hal ini pun menjadi permasalahan yang sangat penting bagi siswa, karena siswa dituntut untuk selalu aktif dalam media pembelajaran Google Classroom, sedangkan tidak semua siswa memiliki kuota internet untuk mereka belajar daring. Apalagi saat ini proses pembelajaran tidak jauh dari jaringan internet.
Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Rinjani, Cintia; Wahdini, Fauza Izza; Mulia, Elvira; Zakir, Supratman; Amelia, Siska
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.186 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.102

Abstract

Pada artikel ini memaparkan kajian isi jurnal dari beberapa hasil penelitian yang difokuskan pada model pembelajaran wors square. Hasil jurnal penelitian yang dianalisis berdasarkan hasil penelurusuran database jurnal online. Pada artikel ini jurnal yang dikaji berjumlah kurang lebih 10 jurnal nasional yang berfokus pada model pembelajaran word square. Hasil dari kajian konsep dari beberapa jurnal bahwa model word square merupakan pengembangan dari model pembelajaran ceramah. Peserta didik diharapkan bisa selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya. Guru hanya berfungsi sebagai mediator, fasilitor dan teman yang membuat situasi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri peserta didik. Word Square ini akan memperkuat metode pembelajaran  ceramah. Selain itu hasil kajian pada jurnal dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil penelitian word square juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.
Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra Taufik, Taufik; Imansyah, M. Nur; Yulianti, Eka
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.698 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.104

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul efektivitas penggunaan buku ajar sastra lisan suku Mbojo untuk matakuliah apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini yakni untuk menilai keefektivan sebuah buku ajar yang memandukan budaya lokal yang berfokus pada sebuah model pembelajaran yang kooperatif. Metode yang digunakan pada penelian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D Models (4-D). Hasil penilaian kelayakan oleh validator isi sebesar 80.72% (sangatlayak) dan validator media pembelajaran sebesar 91.51% (sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan bahwa buku ajar tersebut efektif meningkatkan hasil belajar dibanding dengan buku ajar lain.
Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Imansyah, M. Nur
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.968 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.105

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X pengaruh penggunaan media edmodo sebagai variabel bebas dan Variabel Y hasil belajar siswa sebagai variabel terikat, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TKJ yang berjumlah 36 orang, sehingga dalam penelitian ini menggunakan “teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu”, Berdasarkan uraian dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Dompu dengan uraian 1) Terdapat pengaruh penggunaan media edmodo yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) Dengan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,519 dan nilai ttabel sebesar 1,690 dengan angka signifikansi 0,05% yang berarti pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Dompu, sehingga hipotesis yang diajukan Diterima.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation Nurhasanah, Enung
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.496 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.106

Abstract

Objek kajian adalah ini media flashcard. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri kelas iqro satu The Gold Generation”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri kelas iqro satu The Gold Generation. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan one shot case study, bentuk penelitian ini menggunakan satu kelompok dan diberikan perlakuan, kelompok yang diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan penggunaan media flashcard. Adapun tehnik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket, dan tes, serta tehnik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis, dan fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan media flashcard, (2) pemberian tes di iqro satu huruf hijaiyah. Data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode statistik yaitu dengan perhitungan uji normalitas dengan nilai X2 hitung 135,659 > X2 tabel 11,070 dari hasil chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel maka data berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian dilakukan menggunakan uji hipotesis atau t-tes yaitu dapat melihat pengaruh penggunaan media flashcard huruf hijaiyah, pernyataan tersebut ditandai dengan nilai thitung 10,610> tabel 1,711 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan taraf 0,05 atau 5% pada penggunaan media flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri iqro satu The Gold Generation tahun pembelajaran 2021.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah Asmedy, Asmedy
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : Ainara LPPIP-Lembaga Penelitian dan Pengkaji Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.039 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.107

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Donggo semester ganjil pokok bahasan sistem persamaan linier tahun pelajaran 2021/2022 yang diajar menggunakan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah. Merupakan penelitian eksperimen. Hasil penilaian bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel dengan taraf signifikansi 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesisnya berbunyi “Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Donggo semester ganjil pokok bahasan sistem persamaan linier tahun pelajaran 2021/2022 yang diajar menggunakan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah”.

Page 1 of 1 | Total Record : 10