JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 1 No. 2: September 2021

STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Megan Asri Humaira (Universitas Djuanda, Bogor)
Lilis Fauziah Balqis (Universitas Djuanda, Bogor)
Zahra Fitrah Rajagukguk (Universitas Djuanda, Bogor)
, Siti Aisyah Nurrahmah (Universitas Djuanda, Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar dirasa sangat penting sebagai tolak ukur dalam proses pembelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran daring, siswa sekolah dasar mengalami kesulitan dalam pembelajaran terutama dalam praktik berbahasa yang dalam hal ini adalah keterampilan berbahasanya. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar, khususnya keterampilan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sekolah dasar Bogor. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis data Milles and Huberman. Berbagai macam strategi guru dilakukan dalam proses meningkatkan keterampilan membaca siswa, salah satunya dengan mengadakan pendampingan membaca. Strategi tersebut menunjukkan hasil positif karena keterampilan membaca siswa meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...