cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Taman Alamanda III Blok T No.3 Karang Pule Mataram-NTB
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JOEL: Journal of Educational and Language Research
Published by bajang Institute
ISSN : 2807937X     EISSN : 2807872     DOI : 10.53625
Core Subject : Education,
JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: 1. Education 2. Language 3. Health 4. Ekonomic 5. Law
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 271 Documents
Peran Orang Tua dan Masyarakat dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Anak Zuhri Fahruddin
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 1: Agustus 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.207 KB)

Abstract

Abstrak Orang tua yang memiliki anak kesulitan dalam belajar oleh sebab kecanduan game online, 60 % dari masyarakat memiliki Wi-fi, dalam hal penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan strategi Analitic A Priori, Sintetic A Priori, Action ,dan Confirm and Evaluation. Sehingga memunculkan empat solusi, dari ke empat solusi yang bisa dilaksanakan sampai sekarang adalah Classroom Environment.
PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, KEPUTUSAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN CASH HOLDING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Feisal Ahmad Riyadi; Masripah; Shinta Widyastuti
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 1: Agustus 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.636 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh umur perusahaan, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, dan cash holding terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data yang berupa data sekunder yang bisa diperoleh dari laporan tahunan perusahaan dan ringkasan rapat umum pemegang saham (RUPS). Sampel yang peneliti gunakan adalah 42 perusahaan manufaktur. Pengujian yang peneliti gunakan adalah uji asumsi klasik, uji pemilihan model regresi, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis secara parsial (uji t). Hasil yang telah didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa (1) umur perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan negatif terhadap nilai perusahaan, (2) keputusan pendanaan mempunyai pengaruh yang signifikan negatif terhadap nilai perusahaan, (3) kebijakan dividen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (4) cash holding mempunyai pengaruh yang signifikan negatif terhadap nilai perusahaan.
KAJIAN STATUS GIZI PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS Supriyono; Sodikin
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 1: Agustus 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.093 KB)

Abstract

Abstrak Mengetahui status gizi adalah penting, oleh karena deteksi dini untuk megetahui status gizi perlu dilakukan secara konsiten dan berkesinambungan. Bagi orang dewasa, cara untuk mengetahui status gizi adalah dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran status gizi pada peserta pelatihan kepemimpinan pengawas Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sebesar 65 responden. Data diperoleh dengan menggunakan seperangkat software yaitu Pengumpulan data pada bulan Maret dan April 2021 dengan menggunakan google form dengan link: https://forms.gle/avA5vJ2hNN1W794G9. Hasil. Peserta didominasi oleh wanita sebesar 69,20%, dengan sebaran usia pada usia 26 hingga 45 tahun yaitu sebanyak 45 orang (69,20%), dengan rata-rata status IMT 25,37. Kekurangan gizi (berat dan ringan) sebesar 3%, Normal 50,80% dan kelebihan gizi (ringan dan berat) sebesar 46,10%..Berdasarkan jenis kelamin maka laki-laki mempunyai status gizi yang baik yaitu sebesar 65 %, sedangkan wanita sebesar 44,44 %., sedangkan sebaran status gizi berdasarkan usia, maka status gizi normal pada usia 36-40 tahun yaitu sebesar 73,60%. Simpulan, pelatihan PKP ini didominasi oleh wanita (69,20%), dan kisaran usia 26 – 45 tahun, dengan status gizi rata-rata diatas normal. Saran, perlu dipertimbangkan untuk melakukan screning bagi peserta yang akan mengikuti pelatihan. Kata kunci: Jawa Tengah, Kepemimpinan, Pengukuran, Kesehatan STUDY OF NUTRITIONAL STATUS OF PARTICIPANTS IN SUPERVISORY LEADER TRAINING Supriyono1), Sodikin2) 1,2) Regional Human Resources Development Agency of Central Java Province Street. Setiabudi Number. 201 A Semarang E-mail: supriyonontr@yahoo.co.id E-mail: sodikinwidyaiswara@gmail.com Knowing nutritional status is important, because early detection to know nutritional status needs to be done consistently and continuously. For adults, the way to determine nutritional status is to use the body mass index (BMI). This study aims to describe the nutritional status of supervisory leadership training participants. The sample used is a saturated sample, amounting to 65 respondents. Data was obtained using a set of software, namely data collection in March and April 2021 using google form with the link: https://forms.gle/avA5vJ2hNN1W794G9. Result. Participants were dominated by women by 69.20%, with an age distribution of 26 to 45 years, namely 45 people (69.20%), with an average BMI status of 25.37. Malnutrition (severe and mild) is 3%, Normal is 50.80% and excess nutrition (mild and severe) is 46.10%. Based on gender, men have good nutritional status, which is 65%, while women are 44.44%, while the distribution of nutritional status is based on age, then normal nutritional status at the age of 36-40 years is 73.60%. conclusion, this PKP training was dominated by women (69.20%), and the age range was 26-45 years, with an average nutritional status above normal. Suggestions, it is necessary to consider doing screening for participants who will take part in the training Keywords : Central Java, Leadership, Measurement, Health
UNSUR KEARIFAN LOKAL DALAM PENAMAAN PAGUYUBAN SENI REYOG SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA JAWA KUNA Alip Sugianto; Nanang Cendriono; Muhammad Lukman Syafii
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 1: Agustus 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.477 KB)

Abstract

Nama merupakan identitas sosial sebagai penanda objek salah satunya adalah penamaan paguyuban Reyog Ponorogo. Sebagai kesenian tradisional, kesenian ini masih Mempertahankan pengunaan nama dengan Bahasa Jawa Kuna sebagai salah satu identitas budaya etnik Jawa Panaragan. Pengunaan nama tersebut salah satu yang melatar belakangi adalah kearifan lokal sebagai upaya pemertahanan bahasa Jawa Kuna. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) Mendeskripsikan jenis kearifan lokal apa saja yang melatar belakangi penamaan paguyuban Reyog Ponorogo (2) Mendeskripsikan makna yang terdapat dalam paguyuba Reyog Ponorogo (3) faktor apa saja yang melatar belakangi pemertahanan bahasa Jawa Kuna dalam penamaan Paguyuban Reyog. Data berupa nama-nama paguyuban Reyog yang diperoleh dari Dinas Pariwisata diambil secara purposif sampling dan wawancara serta interprestasi dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil temuan dalam penelitian ini yang melatar belakangi faktor eksistensi pengunaan Bahasa Jawa Kuna dalam Paguyiban Reyog karena faktor mempertimbangkan kearifan lokal seperti kearifan lokasi kearifan historis kearifan kualitas kearifan pendidikan, kearifan harapan. Kearifan tersebut tercermin dibalik makna nama paguyuban Reyog dan bertahan dalam pengunaan Bahasa Jawa Kuna karena sikap masyarakat yang memiliki sikap primodialisme dan etnosentris positif sehingga nama pegunaan Bahasa Jawa Kuna masih bertahan dalam pengunaan nama paguyuban Reyog
AN ASSESSMENT ON COHERENCE AND GRAMMATICAL STRUCTURE OF STUDENTS’ WRITING SKILLS Qurinta Shinta
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 1: Agustus 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.481 KB)

Abstract

This study is aiming at assessing students’ competency in writing skill at First Semester Public Health Students of Diponegoro University. The target population were 25 Public Health students taking English class. A writing test was conducted to asses the students coherence, grammar, and sentence structure. This descriptive qualitative study is to discover (1) students’ awareness of applying transition signals devices to connect ideas (conjunction words, substitution, reference and ellipsis to create coherence. (2) students’ awareness in grammar and sentence structure. The result revealed that students found no problems using connective devices in their sentences. However, concerning grammar and sentence structure students faced difficulties in 1) Subject - Verb Agreement in which students often ignored plural forms, missed verbs, missed subjects in a sentence or they sometimes put two verbs in one sentence. 2) They were also still confused dealing with pronoun references. 3) Students also tend to write too long sentences without any punctuations.
IMPLEMENTASI KURIKULUM BERKARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 STABAT Satria Wiguna; Novira Arafah; Ryan Alvin Sulidana
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 2: September 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.584 KB)

Abstract

Kuriulum Berkarakter merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam mencapai tujuan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Seorang yang menjadi sumber data sebagai Informan adalah kepala sekolah, WK Ur bidang Kurikulum, WK UR bidang kesiswaan, dan guru agama Islam SMP N 5 Stabat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Tahapan perencanaan kurikulum berkarakter dalam membentuk akhlak siswa kelas VI SMP Negeri 5 Stabat dilakukan dengan cara menentukan jadwal kegiatan pembelajaran daring dan luring, menyusun RPP yang memiliki nilai-nilai karakter. Tahapan pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam membentuk akhlak siswa kelas VI SMP Negeri 5 Stabat melakukan pembelajaran yang ciri khas berkarakter secara optimal. Tahapan akhir dalam pembentukan akhlak siswa melalui peran guru pendidikan agama Islam, adapun tercapaian penerapakan kurkulum berkarakter dalam membentuk akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 5 Stabat yaitu akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap teman atau sahabat, akhlak terhadap guru, dan akhlak terhadap lingkungan sekitarnya.
MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SAAT PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL PADA MASA PANDEMI COVID 19 Muhammad Adib Alfarisi; Heriyanto
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 2: September 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.102 KB)

Abstract

People worldwide were shocked by the emergence of the novel Covid-19 virus in early 2020, which first appeared in Wuhan City, the capital of Hubei Province, China. On March 1, 2020, the Minister of Health of the Republic of Indonesia finally reported that the Covid-19 virus had infiltrated Indonesia and infected its citizens. In efforts to overcome and reduce the spread of this dangerous virus, the Indonesian government has required restrictions on activities outside the home. The public has also been obliged to avoid crowds to avoid the spread. In addition, the Indonesian Ministry of Education and Culture also instructs that the learning system must be performed virtually. Online learning has been carried out by utilizing internet technology so that there are no face-to-face meetings between lecturers and students. However, in its implementation, some problems can interfere with the learning process virtually, especially concerning students the lack of learning motivation when carrying out online learning. This research is qualitative research that describes efforts to generate student learning motivation during virtual learning during the Covid-19 pandemic. Motivation to learn is the most crucial factor so that students can receive all learning effectively and efficiently. Therefore, the right stimulants are necessitated in order to arouse their motivation to learn. The research findings indicate what educators should do to increase student learning motivation online is to improve the ability of lecturers, determine appropriate and effective methods, optimize the use of facilities, select appropriate media and conduct periodic evaluations of learning.
STUDI EVALUATIF KEBIJAKAN BELANJA PENDIDIKAN; BUKTI EMPIRIS DARI DAERAH DENGAN TINGKAT KEMISKINAN TINGGI Mesri Welhelmina Nisriani Manafe
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 2: September 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.687 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan fiskal daerah melalui belanja pendidikan untuk mendorong pertumbuhan kesejahteraan masyarakat pada daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi. Penelitian dilakukan di Provinsi NTT dengan Provinsi Papua dan Papua Barat sebagai daerah pembanding. Analisis deskriptif dilakukan terhadap RPJMD Provinsi NTT tahun 2018-2023, Data kemiskina dan IPM serta indikator-indikator capaian kesejahteraan yang berhubungan dengan pendidikan untuk tahun 2018-2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah NTT telah menempatkan kesejahteraan sebagai tujuan pembangunannya sesuai RPJMD dan RPJP tetapi ada indikasi lemahnya pengendalian kebijakan fiskal dalam alokasi belanja pendidikan yang cenderung statis meskipun dengan alokasi yang besar dari total penerimaan daerah. Rendahnya tingkat pertumbuhan belanja pendidikan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat. Kecenderungan ini menunjukan bawa pemerintah belum cukup baik melakukan pengendalian kebijakan fiskal daerah. Hasil perbandingan menunjukan Provinsi Papua dan Papua Barat mengalami permasalahan dalam hal pengukuran kinerja value for money yang menimbulkan rendahnya tingkat efisiensi penggunaan anggaran
STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR Megan Asri Humaira; Lilis Fauziah Balqis; Zahra Fitrah Rajagukguk; , Siti Aisyah Nurrahmah
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 2: September 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.475 KB)

Abstract

Keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar dirasa sangat penting sebagai tolak ukur dalam proses pembelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran daring, siswa sekolah dasar mengalami kesulitan dalam pembelajaran terutama dalam praktik berbahasa yang dalam hal ini adalah keterampilan berbahasanya. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar, khususnya keterampilan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sekolah dasar Bogor. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis data Milles and Huberman. Berbagai macam strategi guru dilakukan dalam proses meningkatkan keterampilan membaca siswa, salah satunya dengan mengadakan pendampingan membaca. Strategi tersebut menunjukkan hasil positif karena keterampilan membaca siswa meningkat.
ANALISIS KUALITATIF IMPLEMENTASI KEPDIRJENPENDIS NO. 1111 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI MASA PEMBELAJARAN DARING UNTUK PENGEMBANGAN MUTU MADARASAH Deni Sunarya
JOEL: Journal of Educational and Language Research Vol. 1 No. 2: September 2021
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.778 KB)

Abstract

Qualitative Analysis of Implementation of Kepdirjenpendis No.IIII of 2019 concerning Technical Instructions for Performance Assessment to State Madrasah Tsanawiyah During the Online Learning Period for Efforts to Develop Madrasah Quality in Sukabumi Regency. The Head of Madrasah is one of the components of education that plays the most role in improving the quality of education as stated in Law Article 12 paragraph 1 PP 28 which states that "The Head of Madrasah is responsible for the implementation of educational activities, school administration, coaching other education personnel and the utilization and maintenance of infrastructure " This means that the madrasah principal must be able to become an educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator and entrepreneur in the school he leads in simple language, the madrasah principal must be able to manage his school well. This study aims to describe the Implementation Analysis of Kepdirjenpendis No.IIII 2019th teacher innovation on the performance of madrasa heads at the institutions they lead and analyze the efforts to develop the quality of madrasas used in improving the quality of education. The method in this, study uses a qualitative descriptive study and tries to be a mix method of the relationship between qualitative and quantitative. The selection of this method, will make it easier to understand the explanation of the data that has been explained because it is arranged accurately and systematically. The data collection of this research used the method of observation, interviews (interviews) and documentation. After that the data that has been collected is analyzed with the stages of data reduction, data presentation and the last is verification or drawing conclusions.

Page 1 of 28 | Total Record : 271