Al Ilmi
Vol 10 No 2 (2021): Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA

PERSPEKTIF GURU KIMIA, FISIKA, DAN BIOLOGI TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM

Ratna Farwati (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Tia Yulianova (Sekolah Menengah Atas Plus Al-Ittihad, Cianjur)
Milysa Anggraini (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Siti Marfu’ah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Seyogyanya, pemutakhiran kurikulum dilakukan lima tahun sekali. Perubahan kurikulum yang berkesinambungan memberikan kesan tersendiri bagi guru-guru di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai respon guru terhadap perubahan kurikulum yang terjadi. Penelitian ini merupakan studi kasus di tiga SMA Kabupaten Sumatera Selatan. Sebanyak lima orang guru dilibatkan sebagai responden penelitian, yang terdiri dari 3 orang guru kimia, 1 orang guru fisika, dan 1 orang guru biologi. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru setuju terhadap perubahan kurikulum. Namun guru-guru tersebut lebih menyukai kurikulum lama dibandingkan kurikulum baru untuk diimplementasikan di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...