Al Ilmi
Vol 10 No 2 (2021): Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN UNTUK SISWA

Hasanah Hasanah (UIN Raden Fatah Palembang)
Muhammad Isnaini (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Luthfia Ulva Irmita (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan respon siswa terhadap media komik materi unsur, senyawa dan campuran untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini tidak dilaksanakan sampai tahap disseminate. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Swasta di Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Media komik materi unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP dikembangkan sesuai dengan karakteristik produk yang terdiri dari sampul, salam perkenalan, kata pengantar, materi pelajaran, isi cerita komik, serta dilengkapi dengan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator dan tujuan pembelajaran. Kelayakan media komik di validasi oleh 4 orang ahli, yaitu 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media komik materi unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP berdasarkan nilai Aiken’s dari keseluruhan aspek yang dinilai oleh ahli materi sebesar 0,885 yang termasuk kategori validitas sangat tinggi dan ahli media dari keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 0,7421 yang termasuk kategori validitas tinggi. Respon siswa terhadap media komik unsur senyawa dan campuran untuk siswa SMP berdasarkan hasil angket respon siswa sebesar 86,8% yang termasuk kategori sangat menarik sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...