Website e-commerce ini sangat sering digunakan oleh masyarakat indonesia dalam menjual barang. Untuk memudahkan UMKM dalam memasarkan produk di e-commerce shopee, website ini perlu diuji oleh pengguna untuk memberikan umpan balik bagaimana nuansa website setelah digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan uji user experience (UX) pada e-commerce shopee sebagai penjual. Uji UX dilakukan di ruangan yang di set-up seperti di laboratorium dengan 10 pengguna yang tidak pernah menggunakan website shopee tersebut sebagai penjual. Selama pengujian pengguna diberikan beberapa tugas terkait website sementara fasilitator melakukan observasi untuk menganalisis usability metrics. Data yang dikumpulkan akan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan situs web. Usability score diukur berdasarkan metrik kegunaan ISO termasuk efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Hasil pengujian UX ini menunjukkan bahwa situs web tersebut lumayan ramah terhadap pengguna yang dibuktikan dengan uasbility score sekitar 84% atau di atas rata-rata.
Copyrights © 2023