Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis recount text siswa kelas X dengan menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) dengan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan nilai hasil menulis recount text, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PJBL dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis recount text siswa. Pada siklus pertama persentase ketuntasan siswa mencapai 68,57% sedangkan pada siklus kedua persentase ketuntasan siswa mencapai 91,43% melampaui indikator keberhasilan 85%. Rerata kelas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terjadi peningkatan dari 74,77 pada siklus pertama menjadi 83,34 pada siklus kedua. Sedangkan nilai rerata kelas penulisan recount text per aspek terjadi peningkatan dari 74,80 pada siklus pertama menjadi 83,22 pada siklus kedua.
Copyrights © 2023