Buletin Edukasi Indonesia
Vol. 2 No. 01 (2023): Buletin Edukasi Indonesia

Peningkatan Kemampuan Menulis Recount Text dengan Media Gambar

Nurdiyah Suryani (SMA Negeri 5 Yogyakarta)
Agci Hikmawati (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis recount text  siswa kelas X  dengan menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) dengan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan nilai hasil menulis recount text, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PJBL dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis recount text siswa. Pada siklus pertama persentase ketuntasan siswa mencapai 68,57% sedangkan pada siklus kedua persentase ketuntasan siswa mencapai 91,43% melampaui indikator keberhasilan 85%. Rerata kelas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terjadi peningkatan dari 74,77 pada siklus pertama menjadi 83,34 pada siklus kedua. Sedangkan nilai rerata kelas penulisan recount text per aspek terjadi peningkatan dari 74,80 pada siklus pertama menjadi 83,22 pada siklus kedua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BEI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Edukasi Indonesia is a peer-reviewed, open-access magazine that considers scholarly, research-based articles on all aspects of education. This journal aims to facilitate the regional exchange of education theory, and contributions from different educational systems and cultures are ...