Pada industri tour & travel, tidak lepas dari hubungan antar banyak pihak seperti hubungan antara pihak tour&travel dengan pihak hotel, hubungan antara pihak tour&travel dengan pihak transportasi. Tidak lepas juga akan terjadi negosiasi antar pihak yang ingin mendapatkan untung dari salah satu pihak ataupun sama-sama untung. Dan juga manajemen konflik dari perusahaan travel tersebut. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui faktor-faktor negosiasi dan manajemen konflik ini apakah layak atau tidak untuk diterapkan dan jika tidak dapat ditemukan solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dan dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Agar mendapatkan hasil yang win-win solution pada saat bernegosiasi hal yang sangat penting dan krusial adalah komunikasi dengan baik, benar, dan sopan. Apabila salah satu pihak berkomunikasi dengan baik, maka pihak satu lagi akan merasakan bahwa perusahaan ini sangat sopan dan tertarik dengan apa yang disampaikan. Sebaliknya jika salah satu pihak tidak sopan dalam berkomunikasi ataupun menyampaikan sesuatu dengan tidak jelas, maka perusahaan satunya lagi sudah tidak ingin mendengar lebih lanjut atau akan terjadi konflik antar dua perusahaan.Kata Kunci: Negosiasi, Konflik, Perusahaan, Travel
Copyrights © 2022