Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Media Papan Pecahan Bagi Siswa Kelas IV C SDN Mekarjaya 13 Depok

Gabriel Rafatu Dewanti (Universitas Trilogi)
Winda Amelia (Universitas Trilogi)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah suatu kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi-materi matematis yang terangkum dalam mengemukakan gagasan, mengolah informasi, dan menjelaskan dengan kata-kata sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media papan pecahan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV C di SDN Mekarjaya 13 Depok. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain classroom action research atau penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian adalah penggunaan media papan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini diketahui dari hasil tes tertulis pada siklus I sebesar 66,6% meningkat 14,3% menjadi 80,9% pada siklus II. Dan jumlah siswa yang tuntas KKM sudah lebih dari 75% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 80,9% atau sebanyak 17 siswa dari 21 siswa yang tuntas KKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...