Jurnal Sains dan Kesehatan
Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.

Asuhan Kefarmasian Beberapa Kasus Penggunaan Obat Penyakit Kulit

Niken Indriyanti (Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian “Farmaka Tropis”, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia)
Antadini Antadini (Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman,Samarinda, Indonesia)
Jorgi Imanuel Emor (Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman,Samarinda, Indonesia)
Pabely Nahwan Maulana (Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman,Samarinda, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penggunaan obat untuk gangguan pada kulit berupa alergi maupun infeksi memerlukan instruksi khusus. Laporan kasus ini bertujuan untuk membahas asuhan kefarmasian yang tepat untuk beberapa kasus penggunaan obat penyakit kulit. Metode yang digunakan adalah metode prospektif pada pelayanan kefarmasian di beberapa apotek di Samarinda. Perijinan pengambilan data berdasarkan perjanjian kerjasama antara Fakultas Farmasi Unmul dengan apotek. Didapatkan hasil bahwa asuhan kefarmasian pada kondisi alergi dan infeksi kulit perlu disampaikan oleh apoteker dan dipahami oleh pasien, sehingga terapi bisa maksimal. Kesembuhan keluhan pasien menuntut kepatuhan penggunaan obat. Beberapa kendala pengaplikasian sediaan untuk kulit perlu diantisipasi supaya tepat dosis. Batas waktu penggunaan obat menjadi bagian asuhan kefarmasian yang penting. Dengan demikian, asuhan kefarmasian yang tepat dapat memaksimalkan terapi kulit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Sains dan Kesehatan (J. Sains. Kes) (e-ISSN 2407-6082, p-ISSN 2303-0267), is a national journal with ISSN and published four times a year in 2015. In 2016 the publishing frequency changed to twice a year. In 2021 the frequency increased to six times a year. Jurnal Sains dan Kesehatan is ...