Nuansa Informatika
Vol 17, No 1 (2023)

SISTEM PREDIKSI JUMLAH PRODUKSI OLAHAN TERNAK MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS PT. BHUMI PANDANARAN SEJAHTERA UNIT RUMAH POTONG HEWAN)

Frannezsa Rhoesdyatama Bagus Atmojo (Univesitas Stikubank Semarang)
Felix Andreas Sutanto (Univesitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

PT Bhumi Pandanaran Sejahtera merupakan sebuah holding company yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Semarang yang memiliki beberapa unit gabungan salah satunya adalah unit rumah potong hewan. Unit tersebut merupakan sebuah unit yang berfokus dalam penyedia jasa pemotongan hewan ternak berupa sapi dan babi.Seiring dengan berjalannya waktu unit rumah potong hewan mulai mengembangkan usaha mereka pada pengolahan hewan ternak berupa daging potong serta limbah hewan yang akan diolah menjadi produk seperti pupuk kandang serta media tanam. Namun dalam proses pengolahan ternak seringkali menyisakan sisa hasil produksi yang lumayan banyak karena permintaan pasar yang seringkali tidak menentu dan membuat hasil produksi tertimbun di gudang dan seringkali menjadi tidak layak jual.Oleh karena itu perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu staff produksi untuk menentukan jumlah olahan yang harus diproduksi dalam satu waktu.Metode yang penulis gunakan untuk merancang sistem prediksi adalah metode Fuzzy Tsukamoto, dimana variabel yang akan digunakan yaitu permintaan, persediaan dan produksi. Pendekatan perancangan sistem ini menggunakan metode Waterfall dibantu dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi.Sistem ini dirancang berbasis web, dengan pemrogramannya menggunakan PHP dan HTML serta perancangan database menggunakan MySQL.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and Technology for communication media academics, experts and practitioners of Information Technology in pouring ideas of thought in the field of Information Technology. NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and ...