Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 1 (2023)

Pengaruh Metode Multisensory Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas 1 SDN Turi

Lisa Qurrotun Nada (Universitas Islam Lamongan)
Kiky Chandra Silvia Anggraini (Universitas Islam Lamongan)
Musa’adatul Fitriyah (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian berjudul Pengaruh Metode Multisensory Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas 1 SDN Turi. Latar belakang rendahnya kemampuan membaca dikarenakan kurangnya minat membaca sehingga tidak memahami materi yang tertulis dalam buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Multisensori terhadap kemampuan membaca pada pelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan one group Pretest Postest design. Setelah itu, uji t (Paired Sample t test) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Pretest (48,2) > Postest (80,4). Sedangkan uji t diperoleh nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan pengaruh metode Multisensori terhadap keterampilan membaca siswa pada pelajaran tematik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...