Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

The Role of Boarding Schools in Student Moral Development

Faisal Akbar Manurung (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Irman Irman (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana akhlak pada santri. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri. Fokus penelitian ini yaitu peran Pembina asrama dalam membina serta meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan para santri yang berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda tentunya tidak akan mudah bagi seorang Pembina asrama dalam mengajak dan mengarahkan. Namun dalam proses meningkatkan kedisiplinan para santri, Pembina asrama harus memiliki beberapa metode yang dapat digunakan untuk diterapkan kepada santri. Dengan adanya beberapa metode yang digunakan tersebut maka akan terwujudlah sebuah kedisiplinan yang sesuai seperti yang diharapkan. Karena Pembina asrama mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan santri agar tetap disiplin dalam beribadah terutama dalam sholat berjamaah dimasjid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...