Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim
Vol. 14 No. 2 (2022): VARIASI, Vol. 14 No. 2 Juni 2022

PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PGSD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC

Fatma Zuhra (Unknown)
Nanda Safarati (Unknown)
Jasmaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Higher Order Thinking Skilss (HOTS) mahasiswa PGSD melalui penerapan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain and Create). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II unit D yang berjumlah 23 orang, dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD II materi alat optik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal HOTS yang disusun dalam bentuk uraian terbuka sebanyak 10 soal. Peningkatan HOTS mahasiswa dianalisis melalui perhitungan indeks gain (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan HOTS mahasiswa PGSD. Hasil ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran RADEC sebagai model pembelajaran inovatif terbaru yang dapat membangun keterampilan abad 21 khususnya HOTS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

vrs

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim - were published as an information and communication medium as well as a forum for discussion and study of problems in multi-disciplines science, in line with developments in science and technology. VARIASI published in March, June and October. VARIASI ...