cover
Contact Name
Najmuddin
Contact Email
jurnalvariasi.lppm@gmail.com
Phone
+6285260398939
Journal Mail Official
jurnalvariasi.lppm@gmail.com
Editorial Address
Jln. Almuslim Matangglumpangdua No.37, Peusangan, Bireuen, Aceh. 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 20856172     EISSN : 26562979     DOI : https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim - were published as an information and communication medium as well as a forum for discussion and study of problems in multi-disciplines science, in line with developments in science and technology. VARIASI published in March, June and October. VARIASI receive research articles, review articles and short communication from authors throughout around in Indonesia. To ensure the quality of the manuscripts received, the Editorial Board will conduct a peer review process by assigning expert reviewers with a blind review system. Manuscripts are written in Indonesian or English in 3000-7000 words.
Articles 37 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 JEUNIB Safriani; Rahmi Wahyuni; Rahmi Hayati
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan model pembelajaran group to group exchange (GGE) pada siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest and postest control group desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jeunib pada tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 6 kelas. Sedangkan, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari seluruh kelas IX SMP N 1 Jeunib yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan koneksi matematis. Adapun pengolahan data menggunakan uji-t guna menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) pada materi bangun ruang sisi lengkung lebih baik dari pada koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP Negeri 1 Jeunib; 2) skor persentase rata-rata hasil aktivitas guru dan siswa yang diperoleh dari dua orang pengamat pada pertemuanpertama dan kedua di kelas pembelajaran GGE dan konvensional bahwa taraf keberhasilan proses pembelajaran dikategorikan sangat baik; 3) hasil pengolahan data diperoleh ????ℎi????????????g > ????????????????e????, yaitu 2,00 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Maka, disimpulkan bahwa terdapat pengingkatan yang signifikan menggunakan model pembelajaran GEE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP N 1 Jeunib.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR UKURAN PEMUSATAN DATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 BIREUEN Fauziah
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen pada materi ukuran pemusatan data menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, ditandai dengan adanya siklus yang terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Bireuen selama tiga bulan, mulai dari tanggal 1 Januari s.d 31 Maret 2021. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen yang berjumlah 21 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu: 1) teknik tes, berupa data penelitian yang dikumpulkan melalui hasil tes tertulis tentang materi ukuran pemusatan data pada peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran setiap siklus, terdiri atas 5 soal tentang materi ukuran pemusatan data; dan 2) teknik non tes, menggunakan lembar observasi dan dokumentasi lainnya. Sedangkan, analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, meliputi: 1) analisis deskriptif komperatif hasil belajar peserta didik siklus I dan siklus II; dan 2) analisis deskriptif kualitatif, berupa hasil observasi dan refleksi yang terjadi para proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan pembelajaran jika hasil belajar peserta didik mencapai nilai KKM ≥ 80,00. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen pada materi ukuran pemusatan data. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sejumlah 16 peserta didik (76,19%) tuntas belajar dengan nilai tertinggi 85,00 dan sejumlah 5 peserta didik (23,81%) belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 80,00. Sedangkan, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 83,33 dengan nilai tertinggi 90,00 dan 100% peserta didik tuntas belajar, meskipun nilai yang dicapai masih dominan dalam kriteria lulus baik (B).
Analisis Pest Terhadap Hambatan Dan Peluang Investasi Asing Di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh: Analisis Pest Terhadap Hambatan Dan Peluang Investasi Asing Di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh Fauzi Fauzi; Jumhuri Jumhuri
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan peluang investasi asing di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh melalui analisis PEST. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penyelidikan yang bertujuan untuk memahami peranan kelompok atau interaksi pada situasi sosial tertentu. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab hambatan dan peluang investasi asing di Kabupaten Bireuen adalah metode kualitatif yang bersumber dari hasil wawancara, observasi dan data sekunder dari internet, buku dan jurnal. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian adalah teori Foreign Direct Investment (FDI) dan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi). Konsep ini digunakan untuk menelaah hambatan investasi asing di Kabupaten Bireuen. Adapun analisis peluang, menggunakan peluang di lingkup politik dan ekonomi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peluang yang cukup besar untuk terciptanya investasi asing di Bireuen. Adapun hambatan investasi asing di Kabupaten Bireuen terdapat pada koordinasi kebijakan antara pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Bireuen.
Kebijakan Program Peningkatan Kesejahteraan Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan: Kebijakan Program Peningkatan Kesejahteraan Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Edi Putra Kelana
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.528

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang kebijakan program peningkatan kesejahteraan guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan pembahasan kajian pustaka ini diperoleh bahwa inti dari mutu pendidikan terletak pada apa yang terjadi dan berlangsung di ruang kelas. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian pendidikan yaitu salah satu faktor dominan yang menentukan tingkat keberhasilan anak didik dalam melakukan proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, masalah guru merupakan topik yang tidak habis dibahas dalam berbagai seminar, diskusi dan workshop untuk mencari berbagai alternatif pemecahan terhadap berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik di lingkungan sekolah. Adapun masalah guru berkisar pada persoalan kurang memadainya kualifikasi akademik dan kompetensi guru, kurangnya tingkat kesejahteraan guru, distribusi guru dan kurangnya penghargaan masyarakat terhadap profesi guru. Yang paling penting harus dilakukan adalah menyiapkan sosok guru masa depan yang sesuai tuntutan reformasi pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Studi Penggunaan Bahan Aditif Dan Variasi Dosis Accelerator Terhadap Perkerasan Beton Yang Dipercepat (Studi Kasus Mutu Beton K-300) Suhaimi Suhaimi; R. Dedi Iman Kurnia
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian kuat tekan awal beton kombinasi sikafume (mineral additive) dan variasi dosis penggunaan accelerator (chemical admixture). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Adapun prosedur penelitian dimulai dengan studi literatur, dilanjutkan dengan persiapan material, pemeriksaan sifat fisis agregat, perencanaan campuran beton (concrete mix design), pembuatan dan perawatan benda uji, serta pengujian benda uji berupa pengujian slump dan pengujian kuat tekan serta analisis data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait dengan nilai kuat tekan beton, maupun bentuk atau workability dan waktu perkerasan adalah sebagai berikut: 1) hasil uji kuat tekan beton kombinasi sikafume dengan variasi dosis penggunaan accelerator 1:2 memiliki nilai kuat tekan rata-rata sebesar 26,823 Mpa dan 31,280 Mpa untuk umur pengujian 24 dan 72 jam; 2) hasil uji kuat tekan beton kombinasi sikafume dengan variasi dosis penggunaan accelerator 1:3,5 memiliki nilai kuat tekan rata-rata sebesar 24,913 Mpa dan 30,643 Mpa untuk umur pengujian 24 dan 72 jam; 3) hasil uji kuat tekan beton kombinasi sikafume dengan variasi dosis penggunaan accelerator 1:5 memiliki nilai kuat tekan rata-rata sebesar 23,640 Mpa dan 30,325 Mpa untuk umur pengujian 24 dan 72 jam; 4) nilai slump yang diperoleh pada setiap variasi benda uji lebih besar dari yang direncanakan dalam mix design, yaitu nilai slump yang diperoleh termasuk katagori slump runtuh; dan 5) kombinasi sikafume dan variasi dosis accelerator dapat mempercepat waktu perkerasan dengan nilai kuat tekan rata-rata di atas 24,90 Mpa atau K-300 dalam waktu 24 dan 72 jam
Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Gampong Rambong Payong Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen Pada Tahun 2017 Rahmatul Tiarusna; Jamaluddin Jamaluddin; Ilyas Ismail
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengelolaan alokasi dana Gampong Rambong Payong Kec. Peulimbang Kab. Bireuen tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penulis melakukan observasi di lapangan untuk mengumpulkan arsip serta berkesempatan melakukan wawancara dengan informan. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Rambong Payong Kec. Peulimbang Kab. Bireuen tentang pengelolaan Alokasi Dana Gampong tahun 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan 3) dokumen atau arsip. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan alokasi dana Gampong Rambong Payong Kec. Peulimbang Kab. Bireuen tahun 2017 telah dijalankan sesuai dengan indikator pengelolaan keuangan gampong atas prinsip: 1) transparansi, yaitu masyarakat dapat memperoleh informasi laporan dan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan alokasi dana gampong melalui rapat umum yang diadakan keuchik gampong, sehingga tidak ada kecurigaan penyelewengan dana gampong; 2) akuntabel, yaitu pemerintah gampong memenuhi prosedur dan mekanisme yang berlaku, memiliki buku untuk dilaporkan dan dipertanggungjawabkan, seperti buku kas umum, buku pajak, rekening bank, LPJ dan pelaporan tentang pertanggungjawaban dana gampong; dan 3) partisifatif, yaitu meskipun masyarakat kurang berpartisipasi untuk mengawasi pengalokasian dana gampong, pemerintah gampong tetap melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan ADG, agar masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan ADG, karena masyarakat lebih mengetahui apa yang dibutuhkan untuk kemajuan gampong
Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 Ety Mukhlesi Yeni; Riandi Marisa
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.531

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk menjelaskan lebih mendalam tentang teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013. Teori behavioristik menjadi salah satu landasan teori belajar yang digunakan dalam merancang perangkat pembelajaran. Siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori behavioristik sama halnya dengan membentuk pola pikir siswa melalui pemberian stimulus respon. Sesuai karakteristik siswa sekolah dasar yang membutuhkan stimulus untuk memahami konsep-konsep materi matematika. Berdasarkan kurikulum 2013 yang memiliki tujuan bahwa pembelajaran harus bermakna bagi siswa, yaitu siswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Maka, guru diharapkan mampu memahami pengetahuan awal, serta sikap dan keterampilan siswa untuk menentukan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Lalu, merancang evaluasi formatif yang berguna sebagai umpan balik dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan serta memberikan motivasi dan semangat baru kepada peserta didik dalam rangka mewujudkan perubahan perilaku yang diinginkan.
Meta Analisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Aminah Aminah
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik siswa sekolah dasar melalui metode meta analisis. Penelitian ini menggunakan metode desain meta analisis, yaitu kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Unit analisis dalam penelitian adalah dokumen tertulis tentang pembelajaran tematik berupa artikel yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Instrumen penelitian menggunakan human instrument. Setelah fokus penelitian menjadi jelas, dikembangkan instrumen penelitian sederhana yang dapat melengkapi data dan membandingkan data yang ditemukan sebelumnya. Populasi penelitian adalah dokumen tertulis, berupa buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, karena data yang ingin diperoleh ditentukan atas kesesuaiannya dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan prosentase dan analisis data kualitatif untuk data hasil kajian naratif terhadap penelitian yang ditemui. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dapat diajarkan dengan berbagai model, strategi, dan media pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD. Oleh karena itu, pembelajaran tematik yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran taktik secara kognitif berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa, kemampuan pengambilan keputusan, serta transfer dalam sebuah permainan
Pertumbuhan Varietas Jagung (Zea Mays L) Dengan Pengaturan Jarak Tanam: Pertumbuhan Varietas Jagung (Zea Mays L) Dengan Pengaturan Jarak Tanam Laila Nazirah; Maisura Maisura; Deri Triansyah; Halus Satriawan
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.588

Abstract

Tanaman Jagung (Zea mays L) merupakan komoditas pangan nomor 3 terpenting setelah padi dan kedelai, serta telah dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, minyak dan tepung. Budidaya untuk beberapa varietas jagung di Aceh Utara belum memiliki acuan atau rekomendasi jarak tanam yang tepat sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Untuk itu perlu dikaji kombinasi antara varietas dan jarak tanam untuk mendapatkan jarak tanam sesuai dengan varietas yang ditanam. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tambon Tunong Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara dengan ketinggian tempat 10 meter di atas permukaan laut (mdpl) dari bulan November 2020 s.d Januari 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 12 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh 36 unit percobaan. Faktor pertama adalah Varietas (V) terdiri dari 4 taraf, yaitu V1 (Varietas Lamuru), V2 (Varietas Bisma), V3 (Varietas Srikandi Kuning-1), dan V4 (Varietas Anoman-1). Faktor kedua adalah jarak tanam (J) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu J1 (60 cm x 20 cm), J2 (70 cm x 50 cm), dan J3 (80 cm x 20 cm). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perlakuan varietas berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur (2 dan 4 MST) serta jumlah daun (2 MST). Perlakuan varietas juga berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman (8 MST), umur berbunga, namun perlakuan varietas tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman (6 MST), jumlah daun (4, 6 dan 8 MST), diameter batang (2, 4, 6 dan 8 MST). Sedangkan pada perlakuan jarak tanam berpengaruh nyata terhadap umur berbunga, namun perlakuan jarak tanam tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman (2, 4, 6 dan 8 MST), jumlah daun (2, 4, 6 dan 8 MST), diameter batang (2, 4, 6, dan 8 MST). Terdapat interaksi antara kombinasi perlakuan varietas dan jarak tanam terhadap jumlah daun 2 MST, kombinasi perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan varietas Bisma dan jarak tanam 60x20 cm.
Progresivisme (Konsepsi Tentang Realita dan Pengetahuan): Progresivisme (Konsepsi Tentang Realita dan Pengetahuan) Najmuddin Najmuddin; Syarkawi Syarkawi
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i2.589

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk menjelaskan lebih mendalam tentang progresivisme berupa konsepsi tentang realita dan pengetahuan. Progresivisme adalah gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang. Pendidikan harus terpusat pada siswa bukan memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Beberapa tokoh dalam aliran ini, diantaranya: George Axtelle, William O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B. Thomas dan Frederick C. Neff. Progresivisme merupakan pandangan hidup yang bersifat fleksibel, curious, toleran dan open-minded. Progresivisme mempunyai konsep yang didasari oleh pengetahuan dan kepercayaan bahwa manusia mempunyai kemampuan yang wajar dan dapat menghadapi serta mengatasi masalah yang bersifat menekan atau mengancam manusia itu sendiri. Aliran progresivisme juga memiliki sifat-sifat umum yaitu sifat negatif dan positif.

Page 1 of 4 | Total Record : 37